Selasa, 20 Agustus 2013

JERMAN

INDONESIA MITRA UTAMA JERMAN DI ASIA

London, 20/8 (ANTARA) - Dubes RI untuk Jerman Eddy Pratomo mengatakan Indonesia adalah mitra utama Jerman di Asia
dan berbagai kegiatan yang dilakukan bersama Indonesia dan Jerman selama ini merupakan refleksi dari kepercayaan Jerman yang semakin meningkat kepada Indonesia.

Hal itu dikemukakan Dubes Eddy Pranoto dalam amanatnya pada Upacara Peringatan HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI di Wisma Duta, RI di Dahlem, seperti dikutip Sekretaris II KBRI Berlin Purno Widodo kepada ANTARA London, Selasa.

Dalam upacara yang dihadiri sekitar 350 undangan itu, Dubes Edy Pratomo mengatakan berbagai kegiatan dilakukan dalam kunjungan Presiden RI, bulan Maret 2013 menjadi kulminasi dari diplomasi tertinggi hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman.

Hal ini juga menunjukkan bahwa Indonesia adalah mitra sejajar bagi Jerman dan layak untuk mendapat kepercayaan besar dalam berbagai event besar di Jerman, ujarnya.

Dikatakannya, kunjungan Presiden SBY ke Berlin memiliki arti simbolis dan historis bagi KBRI Berlin, yaitu tercapainya Rencana Strategis KBRI Berlin yang dicanangkan tahun 2009, yaitu 'menempatkan Indonesia sebagai salah satu mitra utama Jerman di Asia melalui penyegaran hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara di fora internasional.'
Berbagai capaian penting dalam pembicaraan kedua pemimpin negara di antaranya pembahasan berbagai isu dunia di bidang politik, keamanan, ekonomi, lingkungan hidup.

Menurut Eddy, sebagai mitra sejajar, kedua pemimpin dunia tersebut juga saling bertukar pandangan guna mempererat sinergi Indonesia-Jerman di berbagai forum internasional.

Kedua pemimpin juga mempertegas komitmen untuk menindaklanjuti dokumen kemitraan komprehensif bilateral, "Deklarasi Jakarta" dalam berbagai kegiatan konkrit yang bermanfaat bagi kedua bangsa dan negara.

Dubes menggarisbawahi keberhasilan yang dicapai tidak lepas dari kontribusi dan peran aktif seluruh anggota masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jerman.

Secara khusus Dubes menyampaikan penghargaannya kepada diaspora Indonesia di Jerman, khususnya organisasi kemasyarakatan Indonesia, baik di bidang keagamaan, sosial, keilmuan, seni dan budaya maupun olah raga.

Upacara Bendera berlangsung khidmad mengundang haru para peserta saat pengibaran sang Merah Putih yang dilakukan peserta Paskibra yang terdiri pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berada di Berlin, ujar Widodo.

Sementara itu tim aubade dari Gereja Bethel Indonesia-Berlin e.V. menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa, Hari Merdeka, Lagu Papua Nuru Ai Pani dan Lagu Sumatera Utara Sigulempong.

Upacara Hari Kemerdekaan RI di Berlin punya makna khusus dengan pemberian penghargaan kepada Restauran Indonesia yang membantu promosi kuliner Indonesia di Jerman seperti Restauran Nusantara, Mabuhai, Java Imbis serta Handoyo Cafe and Sate.

Penghargaan juga diberikan kepada Galeria Kaufhof yang membantu KBRI Berlin dalam penetrasi produk-produk makanan olahan Indonesia di pasar Jerman.

Peringatan bertema 'Mari Kita Jaga Stabilitas Politik Dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat' sangatlah tepat dalam menyambut hajat politik Indonesia pesta demokrasi Pemilihan Umum tahun 2014 . ***1***
(T.ZG)

(T.H-ZG/B/R. Malaha/R. Malaha) 20-08-2013 08:17:45

Tidak ada komentar: