Jumat, 30 Agustus 2013

GRUP TARI LSPR


GRUP TARI LSPR RAIH JUARA FESTIVAL FOLKLORE

London, 27/8 (Antara) - Grup Tari London School of Public Relation (LSPR) mewakili Indonesia meraih posisi tiga dalam 51st Lefkas International Folklore Festival, yang berlangsung di pulau Lefkada, Yunani.

Kelompok LSPR membawakan tarian nusantara yang mendapatkan sambutan meriah dari penonton dalam acara pengumuman pemenang pada malam penutupan, Minggu.

Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Selasa mengatakan sejak penampilan pertama, grup tari LSPR berhasil "mencuri" perhatian penonton karena menampilkan tarian yang sangat berbeda dengan tarian folklore dari negara lain.

Tepuk tangan tiada henti dari penonton menjadi ciri khas di tiap akhir penampilan Indonesia terutama ketika membawakan tari Saman, yang sangat menonjolkan kekompakan tangan 16 penarinya.

Festival Folklore Lefkada diikuti sembilan negara diantaranya Serbia, Rusia, Ceko, Cyprus, China, Irak, Sri Lanka, Paraguay dan Indonesia itu keluar sebagai juara pertama diraih grup Serbia, sedangkan tempat kedua grup dari Rusia, demikian .

Penilaian enam juri yang terdiri atas pemerhati seni, penari dan pemusik dari semua sisi penampilan yaitu keserasian gerak dengan musik, koreografi penampilan, kekompakan gerak penari.

Selain tari Saman, tarian lainnya yang ditampilkan selama festival berlangsung adalah Tari Eneng Chentil dari Betawi, Tari Parakena dari Sulawesi, Tari Japin Merindu Kasih dari Melayu, Tari Piring Cupa dari Sumatera Barat, Tari Putri Enggang dari Kalimantan dan Tari Gaba-gaba dari Maluku.

Keikutsertaan grup LSPR ke Yunani mendapatkan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan atas kerja sama dengan The International Organization of Folk Art (IOV) Youth Section Indonesia.

Setelah mengikuti 51st Lefkas International Folklore Festival, grup LSPR akan mengikuti festival 3rd Earthdancers di Athena, dari tanggal 27 Agustus hingga 1 September.

Selain itu grup LSPR akan mengisi pertunjukan "Indonesian Cultural Night" yang diselenggarakan KBRI Athena, di Dora Stratou Theatre pada 3 September mendatang .

Festival Folklore Lefkada yang merupakan festival tertua dan terbesar di Yunani sejak tahun 1962 dan Indonesia telah mengikuti festival sejak tahun 1988, 1992, 1997 dan 2009.

Selama Festival berlangsung, Grup LSPR Indonesia yang terdiri atas 28 penusik dan penari, melakukan serangkaian pertunjukan di panggung terbuka Anoixto Teatro di pusat kota Lefkada dan di kota Karya yang setiap pertunjukan dihadiri sekitar 400 penonton baik warga setempat maupun wisatawan mancanegara yang memenuhi pulau Lefkada.

Selain festival folklore, di Lefkada juga terdapat museum folklore yang berisikan kostum tradisional dan alat musik dari negara-negara peserta folklore dan terdapat Indonesian Corner yang menampilkan satu set baju tradisional Jawa dan alat musik angklung.(ZG)***4***

(T.H-ZG/B/A. Budiman/A.F. Firman) 27-08-2013 07:16:1

Tidak ada komentar: