Minggu, 18 Agustus 2013

LONDON

CUCU PROKLAMATOR M HATTA ANGGOTA PASKIBRATA DI LONDON

Oleh Zenita Gibons

London, 18/8 (ANTARA) - Cucu Proklamator Indonesia M Hatta, Gustika Jusuf salah satu dari anggota Paskibrata yang ikut pengibar bendera pusaka merah putih dalam upacara bendera dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-68 bertempat di halaman Wisma Nusantara, kediaman Dubes RI London, Sabtu.
Dalam upacara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut, 13 remaja Indonesia bertugas menaikkan bendera Merah Putih di hadapan sekitar 150 peserta upacara yang terdiri dari masyarakat Indonesia , Staf KBRI London, mahasiswa, tenaga kerja Indonesia, anggota Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (Periuk) serta tamu undangan lainnya.

Gustika Jusuf kepada ANTARA London mengakui merasa terharu dan bangga bisa ikut hadir dalam uparara bendera dan sekaligus bisa menjadi petugas Paskibrata. "Dulu saya juga pernah menjadi pengibar bendera waktu ayah saya bertugas di Korea," ujar putri Halida Hatta.
Upacara perayaan 17 Agustus 2013 semakin hikmad dengan bergema lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan seluruh peserta upacara, turut mengiringi detik-detik penaikan bendera Merah Putih menambah kekhidmatan jalannya upacara dengan pembacaan UUD 45 dan Pancasila.

Dubes RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan HUT RI tahun ini cukup istimewa karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Pada momentum yang bersejarah karena menjadi titik awal bagi kehidupan sebagai bangsa untuk memangun dan mewujudkan aspirasi rakyat Indonesia.

Dubes juga mengajak para hadirin untuk lebih meningkatkan rasa cinta pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang untuk bangsa dan negara, serta lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejalan dengan Tema Peringatan HUT RI tahun ini Dubes RI memaparkan pentingnya upaya peningkatan perdagangan dan investasi antara RI-UK dan RI-Irlandia bagi peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dubes RI mengajak semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pemilu 2014 agar menjalankan tugas dan kewajibannya secara baik, transparan dan penuh tanggung jawab.

Setelah prosesi upacara, dilaksanakan pemotongan tumpeng dan penyerahan tumpeng secara simbolis kepada Yusuf Pashim (sesepuh masyarakat Indonesia), Muhammad Fazra (peserta termuda Paskibra), dan Gustika, cucu Proklamator kemerdekaan Indonesia, Muhammad Hatta).

Tidak seperti hari-hari sebelumnya, saat berlangsungnya upacara peringatan HUT RI ke -68 cuaca di London cukup cerah sehingga pelaksanaan upacara berjalan lancar sesuai rencana, dan masyarakat Indonesia yang hadir dengan khidmat mengikuti seluruh rangkaian acara.

Acara diakhiri dengan halal bihalal, panggung gembira, dan mencicipi jajanan pasar yang dijual oleh masyarakat Indonesia mulai dari somai, mpek mpek sampai bubur ayam dan asinan Bogor.

Acara panggung gembira dimeriahkan dengan sejumlah artis termasuk artis Ibukota biduanita Echa Paramita yang khsus diundang untuk memeriahkan acara perayaan Hari Ulang Tahun RI ke 68 dengan MC Obie Asik.(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 18-08-2013 18:06:50


Tidak ada komentar: