Selasa, 20 Agustus 2013

DUBES MOSKOW

DUBES AJAK WNI DUKUNG STABILITAS POLITIK INDONESIA

London, 19/8 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Moskow, Djauhari Oratmangun mengajak seluruh warga masyarakat Indonesia yang ada di Moskow untuk ikut mendukung terjaganya stabilitas politik bangsa sebagai modal penting dalam membangun dan menuju kemajuan.

"Stabilitas politik sesuatu yang harus senantiasa dipertahankan karena ketidakstabilan hanya akan merugikan rakyat," kata Dubes pada upacara peringatan HUT RI ke 68 tanggal 17 Agustus 2013 yang diikuti sekitar 400 warga negara Indonesia di Rusia.

Sekretaris III Pensosbud KBRI Moskow, Pratomo AN kepada ANTARA London, Senin mengatakan, dalam kesempatan itu Dubes memberikan contoh beberapa negara yang saat ini mengalami ketidakstabilan politik dan keamanan akhir-akhir ini yang merugikan rakyatnya.

Diakuinya pertumbuhan ekonomi, Indonesia adalah negara besar yang menjadi anggota Kelompok 20 (G-20). Namun demikian masih banyak yang perlu diperbaiki. Pertumbuhan ekonomi harus ditingkatkan karena berkaitan erat dengan kesejahteraan rakyat.

Dubes bertindak sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan sambutannya yang bertema HUT RI ke-68 yaitu: ¿Mari kita jaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi kita guna meningkatkan kesejahteraan rakyat¿ .

Dalam kesempatan itu Dubes mengajak seluruh masyarakat Indonesia, baik itu staf KBRI, pelajar maupun pekerja yang berada di Rusia untuk menjadi duta bangsa yang selalu mewakili negaranya dengan baik dan memberikan kontribusinya terhadap bangsa dan negara Indonesia baik itu melalui belajar maupun bekerja dengan giat.

Duta Besar menutup pidatonya dengan sebuah quote dari Bung Karno bahwa revolusi belum selesai dan revolusi hanya akan selesai setelah bangsa Indonesia mencapai kesejahteraannya, suatu hal yang tertuang dalam pembukaan UUD 45.

Dalam kesempatan itu Dubes melantik Maria V. Chuprina sebagai Konsul Kehormatan RI untuk Vladivostok dan perpanjangan masa tugas Valery A. Radchenko sebagai Konsul Kehormatan RI untuk St. Petersburg.

Dalam sambutannya, Duta Besar mengharapkan kedua Konhor dapat mewakili Indonesia khususnya dalam melakukan perlindungan terhadap warga Indonesia dan meningkatkan kerjasama antara kedua negara di bidang ekonomi, investasi dan pariwisata.

Lebih lanjut, Duta Besar RI menyatakan keyakinannya bahwa sebagai wakil dari negara Indonesia di dua wilayah besar di Rusia, kedua Konsul Kehormatan dapat mengemban tugas dengan baik.

Selain itu dilaksanakan acara penganugerahan Satyalancana Karya Satya kepada staf KBRI yang telah mengabdi kepada Kementerian Luar Negeri RI selama 10, 20 dan 30 tahun. Penerima anugerah tersebut termasuk Duta Besar RI dan Wakeppri Moskow.

Di akhir upacara, diadakan sosialisasi singkat untuk memberikan informasi kepada hadirin mengenai pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun 2014 serta beberapa informasi mengenai pelaksanaan Pemilu yang berada di Rusia termasuk pendaftaran dan pelaksanaan.

Upacara ditutup dengan diadakannya sesi foto bersama dengan Duta Besar RI dan Wakeppri Moskow bersama masyarakat Indonesia.

***1***
(ZG)
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 19-08-2013 06:40:35

Tidak ada komentar: