Selasa, 20 Agustus 2013

YUNANI

DUBES AJAK WNI DI YUNANI BERKONTRIBUSI

London, 19/8 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Yunani, Benny Bahandewa mengajak warga negara Indonesia yang berada di Yunani untuk senantiasa menunjukkan kegigihan dan kerja keras sehingga dapat berkontribusi pada kebaikan bangsa dan negara Indonesia.

Dubes Benny Bahandewa menyampaikan hal itu kepada 150 warga masyarakat Indonesia di Yunani pada upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diadakan di Wisma Duta Athena.

Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Minggu mengatakan terik matahari kota Athena dan tiupan angin yang cukup kencang tidak mengurangi suasana khidmat.

Terlebih ketika tiga anggota pasukan pengibar bendera menaikkan bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Suasana tempat upacara di halaman Wisma Duta terlihat meriah dengan hiasan kain dan pita merah putih dan logo besar bertuliskan lambang HUT ke-68 RI.

Selanjutnya Dubes mengingatkan sebagai warga negara yang sedang dalam perauntauan di luar negeri, mampu memercikkan ide kreatif, menciptakan peluang, atau hal-hal positif lain yang dapat berkontribusi untuk kemajuan pembangunan Indonesia,
Di sudut-sudut taman terlihat pohon, pot bunga hingga lampu taman pun bersolek dengan pita merah putih. Suasana bertambah marak ketika para ibu-ibu warga masyarakat Indonesia mengenakan busana nasional berwarna-warni untuk menunjukkan rasa bangga mereka sebagai Warga Negara Indonesia.

Dubes Benny Bahanadewa menggarisbawahi empat hal penting yang disampaikan Presiden RI mengenai kemampuan mengelola ekonomi domestik yang adaptatif dengan kondisi ekonomi global serta pentingnya memelihara kerukunan dan toleransi.

Selain pentingnya menyukseskan Pemilu 2014; serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Sesuai dengan tema peringatan tahun ini, ¿Mari Kita Jaga Stabilitas Politik Dan Pertumbuhan Ekonomi Kita Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat¿, Dubes mengajak masyarakat Indonesia menjaga raihan-raihan yang telah diperoleh sejauh ini.

Menurut Dubes, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan kualitas diri sendiri sehingga bangsa Indonesia dapat berkembang menjadi bangsa yang kreatif, inovatif dan kompetitif yang terus bergerak maju.

Di akhir sambutan, paduan suara Ibu-ibu KBRI Athena menyanyikan aubade lagu-lagu perjuangan yaitu Satu Nusa Satu Bangsa dan Padamu Negeri.

Usai upacara bendera, acara silaturahmi dimulai dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur atas peringatan HUT ke-68 RI.

Potongan tumpeng pertama diberikan kepada warga negara Indonesia yang paling lama berada di Yunani selama 35 tahun yaitu Ibu Ediana Vourlomis.

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah untuk pemenang pertandingan Bola Voli kategori putra dan putri, serta santap siang bersama berupa nasi kuning, ayam goreng, rendang, sayur urap, balado telur dan es palu butung sebagai penutup, yang disediakan oleh Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Athena.

Selama acara silaturahmi, diperdengarkan lagu-lagu perjuangan dan daerah, untuk mengingatkan dan mempertebal rasa cinta tanah air terutama bagi warga Indonesia yang lama tinggal di luar negeri.

***1***
(ZG)
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 19-08-2013 06:40:36

Tidak ada komentar: