Selasa, 13 Agustus 2013

JERMAN

IDUL FITRI - MASYARAKAT INDONESIA DI JERMAN SHOLAT IED FITRI DI KBRI

          London, 9/8 (ANTARA) - Masyarakat Muslim di Berlin dan sekitarnya bersama dengan warga Muslim setempat melakukan shalat Ied yang dipimpin Ustad Dr. Mansyur Taman, M.Si yang diadakan di KBRI Berlin, Kamis pagi.

        Sekretaris II-Penerangan, Sosial dan Budaya  KBRI Berlin Purno Widodo kepada ANTARA London mengatakan takbir terus menerus dikumandangkan di Aula KBRI Berlin semalam di akhir bulan Ramadhan, Rabu malam.

        Dikatakannya masyarakat Indonesia yang berbaur bersama dengan staff KBRI Berlin secara bersama menyandungkan Takbir dan Takhmid merayakan datangnya hari kemenangan bagi seluruh umat Islam.

          Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang juga diikuti Duta Besar RI untuk Federasi Jerman Dr. Eddy Pratomo dilanjutkan dengan khotbah Hari Raya yang disampaikan ustad Mansyur  Tamam.

         Dalam Kutbah Hari Raya,  Ustad Mansyur  Tamam  menyampaikan bahwa takbir dan takhmit yang dikumandangkan sejak malam mengukuhkan komitmen umat Muslim terhadap hukum yang ditetapkan Allah SWT. ¿Fitrah berarti kembali kepada Sunatullah, hukum yang telah ditetapkan atas manusia dan alam semesta ini¿.

         Dilkatakannya hari Raya Iedul Fitri  berarti juga perayaan kembali ke fitrah atau kembali kepada kepribadian Islami untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

         Dubes Eddy Pratomo membaur bersama masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya menyampaikan rasa bahagianya bahwa meskipun jauh dari Tanah Air, umat Islam di Jerman, khususnya di Berlin  tetap terlihat taqwa dan tawakal dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

         Meskipun tahun ini pelaksanaan Ramadhan  dalam musim panas dimana  umat Muslim di Jerman harus menahan lapar dan dahaga lebih dari 18 jam dalam kondisi cuaca yang panas bahkan mencapai 38 derajat celcius pada puncaknya.

          Pelaksanaan bulan Ramadhan ini KBRI Berlin bekerja sama dengan Masjid Al-Falah Berlin mengadakan berbagai kegiatan, seperti pesantren kilat bagi anak-anak, pendidikan Al-Quran bagi semua usia maupun kajian tafsir Al-Quran.

         Kegiatan tersebut mendapatkan sambutan hangat dari umat Islam di Berlin dan sekitarnya yang mengaku tetap dapat merasakan kehangatan beribadah. Walaupun jauh dari Tanah Air, tetapi tetap dapat menjalankan ibadah dan mengikuti berbagai kegiatan keagamaan dan pengumpulan zakat fitrah, zakat harta, infaq dan sedekah.

         Dalam merayakan Hari raya Iedul Fitri, Dubes Pratomo mengundang seluruh masyarakat Indonesia dan Friends of Indonesia menghadiri acara halal bihalal sekaligus merayakan Kemerdekaan RI dalam acara  Panggung Gembira  yang akan digelar di kediaman Dubes pada tanggal 10 Agustus mendatang.

         Dalam kesempatan tersebut akan disajikan berbagai hidangan khas Indonesia, serta hiburan yang menampilkan band KBRI Berlin, pelajar dan mahasiswa Indonesia, tarian, nasyid, joget dangdut maupun penampilan khusus penyanyi  Indonesia Diatra Zulaikha.

         Purno Widodo mengatakan sebagaimana tradisi di Berlin pada tahun-tahun sebelumnya, acara Halal Bihalal dilaksanakan bersamaan dengan silaturahim dalam rangkaian menyambut HUT  ke-68 Kemerdekaan RI.

         Penyelenggaraan kedua acara tersebut diadakan pada hari yang sama, dengan pertimbangan antara lain untuk mengoptimalkan kehadiran masyarakat Indonesia secara maksimal mengingat sulitnya bagi masyarakat, terutama dari luar Berlin, menghadiri dua acara berbeda dalam kurun waktu seminggu, demikian Purno Widodo. ***4***
(ZG)


(T.H-ZG/B/O. Tamindael/O. Tamindael) 09-08-2013 08:30:03

   


Tidak ada komentar: