Minggu, 11 Agustus 2013

DUBAI


IDUL FITRI - RIBUAN WNI HADIRI IDUL FITRI KJRI DUBAI

Oleh Zeynita Gibbons

London, 10/8 (Antara) - Sebanyak 2.002 orang warga negara Indonesia (WNI) dari berbagai latar belakang profesi dan beragam kota di Uni Arab Emirat (UAE) datang menghadiri dan silaturahmi Idul Fitri 1434 H di KJRI Dubai.

"Kegiatan yang didukung Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Dubai pada Kamis (8/8) itu berlangsung di halaman KJRI Dubai," kata Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai Adiguna Wijaya kepada Antara London, Sabtu.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan KJRI Dubai bagi warga masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Dubai itu diawali dengan Shalat Idul Fitri pukul 06.45 waktu setempat yang dilaksanakan sesuai dengan penetapan tanggal 1 Syawal 1434 H oleh Pemerintah UAE.

Para warga yang hadir berasal dari berbagai Emirat di wilayah akreditasi KJRI Dubai, terutama dari Dubai, Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah dan Fujairah yang berjarak sekitar 180 kilometer dari Dubai.

Mereka turut memadati pelaksanaan Shalat Idul Fitri di halaman hingga sisi luar pagar KJRI Dubai, walaupun sinar matahari pagi cukup terik dengan suhu udara mencapai 40°C tidak menyurutkan segenap warga yang hadir dengan khidmat mengikuti pelaksanaan sholat dan silaturahmi
Idul Fitri 1434 H itu.

Bertindak selaku imam Sholat Idul Fitri 1434 H kali ini adalah Ustadz Mohammad Rifai dan khatib adalah H. Zunnunil Masri. Keduanya pegawai setempat KJRI Dubai lulusan Universitas Al Azhar-Cairo, Mesir.

Setelah itu, Panitia Zakat KJRI Dubai melaporkan hasil zakat fitrah dan sedekah yang diterima serta penyaluran yang telah dilakukan kepada warga Indonesia yang membutuhkan, khususnya kepada 60 orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang saat ini berada di penampungan sementara KJRI Dubai.

Acara dilanjutkan dengan Shalat Idul Fitri 1434 H secara berjamaah, serta khutbah singkat dengan topik seputar keistimewaan bulan suci Ramadhan dan ibadah puasa sebagai sarana yang tepat untuk membentuk kepribadian yang lebih baik dan pendorong kesatuan umat.

Rangkaian kegiatan sholat Idul Fitri ditutup dengan acara silaturahmi, ramah tamah dan menyantap hidangan khas Idul Fitri yang disediakan oleh KJRI Dubai.

Pada kesempatan ramah tamah dengan warga yang hadir, Acting Konsul Jenderal RI Dubai Heru Sudrajat menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada para warga yang hadir atas nama pribadi dan keluarga serta segenap staf KJRI Dubai.

Acting Konjen itu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran warga masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai Emirat di UAE dalam kegiatan KJRI Dubai kali ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, KJRI Dubai senantiasa berupaya untuk mengadakan berbagai kegiatan rutin tahunan di bidang keagamaan, termasuk sholat Idul Fitri, bagi warga masyarakat Indonesia di wilayah akreditasi KJRI Dubai.

Acting Konjen Heru Sudradjat mengharapkan warga dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana untuk menjalin dan membina silaturahmi, komunikasi dan rasa kekeluargaan diantara warga masyarakat Indonesia yang ada di UAE.

Keakraban dan suasana kekeluargaan terlihat di antara warga yang hadir sangat terasa pada saat acara silaturahmi dan saling beramah tamah dengan sesama warga yang hadir.

Para warga tampak dengan tertib membuat antrean panjang menunggu giliran untuk mencicipi aneka hidangan khas Idul Fitri yang disediakan lontong, rendang daging, semur ayam, gulai sayuran, bakwan serta tidak ketinggalan kerupuk, sambal dan lalapan sebagai pelengkap hidangan yang ada.

Selain itu, disajikan pula aneka kue dan buah sebagai hidangan penutup, serta es buah dan beragam minuman ringan.

Para warga masyarakat Indonesia yang hadir menyatakan rasa terima kasih mereka dan sangat mengapresiasi upaya KJRI Dubai untuk melaksanakan kegiatan ini.

Mereka juga menyatakan bahwa melalui kegiatan seperti ini mereka dapat sedikit mengobati kesedihan tinggal di perantauan jauh dari keluarga dan memenuhi rasa kangen akan suasana perayaan Idul Fitri sebagaimana di Tanah Air.

Kegiatan ini juga bermanfaat sebagai sarana untuk saling mengenal, mempererat komunikasi dan membina silaturahmi diantara sesama warga masyarakat Indonesia di UAE. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/C/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 10-08-2013 05:56:44

Tidak ada komentar: