Selasa, 20 Agustus 2013

MADRID

MAHASISWA INDONESIA TERPILIH JADI PENGURUS IFSA

Oleh Zeynita Gibbons

London, 20/8 (Antara) - Mahasiswa Indonesia terpilih sebagai pengurus asosiasi mahasiswa kehutanan dunia yang tergabung dalam International Forestry Students Association (IFSA) dalam simposium di Madrid Spanyol.

Counsellor KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho kepada Antara London, Selasa, mengatakan simposium ke-41 International Forestry Students Symposium (IFSS) yang diadakan baru baru ini bertujuan menyatukan aspirasi mahasiswa kehutanan dari seluruh dunia.

Selain itu juga bertujuan untuk saling bertukar pikiran, membangun kerja sama dengan para ahli, serta sebagai media untuk meningkatkan pendidikan formal di bidang kehutanan.

"International Forestry Students Symposium (IFSS) merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan di negara yang berbeda setiap tahunnya. Agenda kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat untuk menciptakan generasi muda yang potensial," katanya.

Indonesia secara aktif berpartisipasi dalama simposium tahunan ini yang diselenggarakan di Spanyol dengan mengirimkan perwakilannnya untuk beraksi di tingkat global yang terdiri dari komite lokal yaitu Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Lambung Mangkurat.

Mengangkat tema "Living in Biodiversity", perwakilan masing-masing LC mempresentasikan mengenai biodiversitas di Indonesia. Binsar Liem Sihotang sebagai perwakilan dari UGM mempresentasikan mengenai peran para "stakeholder" (pemangku kepentingan) dalam upaya menjaga biodiversitas di Indonesia.

Sementara itu Dorin Lida K. dan Muhammad Iqbal Maulana (IPB) mempresentasikan mengenai Kearifan Lokal Suku Badui dalam menjaga Lingkungan, dan Deny Fakhriza (UNLAM) mempresentasikan mengenai Diversitas Burung di Taman Wisata Alam di Kalimantan Selatan.

Selain mempresentasikan mengenai biodiversitas di Indonesia agenda yang cukup penting adalah Sidang umum ke-24 membahas kegiatan IFSA selama setahun mendatang, laporan kegiatan tahun sebelumnya oleh pengurus IFSA serta pemilihan pengurus IFSA mendatang.

Dalam pemilihan pengurus IFSA tahunan, mahasiswa harus melakukan pengajuan diri dan juga motivasi menjadi pengurus IFSA yang dipilih anggota IFSA yang telah terdaftar secara resmi.

Dengan presentasi yang baik, mahasiswa Indonesia terpilih sebagai pengurus IFSA berkompetisi dengan kandidat dari negara lainnya.

Binsar Liem Sihotang dari UGM terpilih sebagai Liaison officer International Tropical Timber Organization (ITTO), sedangkan Dorin Lida K dari IPB terpilih sebagai Subhead UNCBD, dan Muhammad Iqbal Maulana terpilih sebagai Asia Pacific Regional Representative.

Menurut Binsar Liem Sihotang, Indonesia dikenal sebagai negara ketiga terkaya akan biological diversity dan dapat berperan sebagai aset dunia dalam menjaga keseimbangan ekosistem global.

"Saya bangga bisa mewakili Indonesia dalam ajang IFSS dan mendapat pengalaman dalam pengelolaan hutan di beberapa negara yang diharapkan akan dapat diterapkannya di Tanah Air," ujarnya.
Ia mengharapkan dalam acara ini mendapat kesempatan untuk membangun komunikasi dan kerja sama antara IFSA dengan International Tropical Timber Organization yang merupakan professional partner dari IFSA.

Sementara itu, Dorin mengakui hal ini menjadi tantangan yang cukup besar sebagai "young forester" yang sadar dan aktif dalam berbagai isu kehutanan dunia saat ini karena permasalahan kehutanan di Indonesia cukup kompleks dan dibutuhkan penanganan yang universal dan terintegrasi. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 20-08-2013 06:17:25


Tidak ada komentar: