London (ANTARA News) - Klub Sepak Bola Pro Duta (FDFC) dari Medan, Sumatera Utara, berkunjung ke Hamburg, Jerman, guna mengadakan serangkaian pertandingan uji coba dalam rangka "Dare to Dream - Tour 2013".

Selama di Jerman, Tim FDFC akan bertanding melawan sejumlah kesebelasan ternama di Eropa, salah satunya klub elite Bundesliga, yaitu Hamburger Sport-Verein (HSV), ujar Minister Counselor - Pensosbud KJRI Hamburg, Andi D. Yudyachandra kepada Antara London, Sabtu.

CEO Club Pro Duta Wahyu Sahab mengatakan tujuan utama dari laga uji coba tersebut adalah untuk membuka dan menambah wawasan para pemain, pelatih, dan manajemen Klub Pro Duta mengenai tata kelola persepakbolaan di Eropa, termasuk Jerman yang dinilai sangat progresif, profesional dan modern.

Wahyu Sahab mengatakan kemajuan klub akan lebih cepat tercapai apabila berhadapan dengan klub-klub yang kompetitif dan memiliki level serta nama besar, seperti salah satunya Hamburger SV.

Selama melakukan tour di Eropa, dari tanggal 10 hingga 16 Agustus, klub yang memiliki julukan "Kuda Pegasus" itu memiliki kegiatan yang cukup padat, selain melakukan pelatihan (training) agenda pertandingan melawan TSV Winsen dan Hamburger Sport-Verein (HSV) - Senior serta melawan Hamburger Sport-Verein (HSV) - Under 23.

Pada 17 Agustus , Klub Sepak Bola Pro Duta (FDFC) dari Medan bertanding melawan AS Roma Primavera (Italia) dan melawan AC Rimini serta melawan Ajax B (Belanda) pada tanggal 22 Agustus.

Dalam pertandingan pertama lawan klub amatir TSV Winsen yang berlangsung di Stadion Jahnplatz pada selang sehari setelah tiba di Hamburg, Klub Pro Duta berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 7-0.

Meski masih dilingkupi kelelahan akibat perjalanan panjang, namun para pemain Pro Duta tampil gemilang dan penuh percaya diri.

Gol-gol Pro Duta disumbangkan Arif Sajali, Rachmad Hidayat,Yusuf Effendi, Muhammad Nur Adli, Muhammad Syamir, dan dua gol oleh Ghozali Muharram Siregar.

Pada pertandingan kedua atau laga utama melawan HSV Senior di Hamburg Training Facility, walaupun kembali tampil bagus, Klub Pro Duta dipaksa menyerah 4-0.

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh MNCTV bekerjasama dengan TV Berlin, pelatih HSV, Thorsten Fink menurunkan pemain lapis kedua yang rata-rata berusia muda, mengingat beberapa pemain intinya seperti Rafael van der Vaart, Rene Adler dan Marcell tidak berada di Hamburg dan sedang memperkuat tim nasionalnya masing-masing.

Empat gol yang disarangkan ke gawang Klub Pro Duta, masing-masing dicetak oleh Dennis Aogo, Gojko Kacar, Maxi Beister, dan Valmir Nafiu.

Klub Pro Duta FC menutup pertandingannya di Jerman melawan HSV U-23 yang berlangsung di tempat yang sama. Walaupun pertandingan berjalan cukup seimbang dinilai dari aspek fisik dan usia, namun para pemain Pro Duta nampak mengalami kelelahan fisik, dan kembali dikalahkan oleh Tim HSV U-23 dengan skor 0-4.

Terlepas dari kekalahan tersebut, para pemain Klub Pro Duta menyatakan bahwa hal tersebut tidak melunturkan semangat tim untuk mengambil banyak manfaat dari rangkaian try-out: "Dare to Dream Tour 2013".

Pelatih Hamburger Sport-Verein (HSV) Torsten Fink mengakui meskipun pemain Klub Pro Duta mayoritas bertubuh kecil, tapi secara "skill" cukup menjanjikan.

"Bermain bola itu tidak cukup hanya bermodal skill individu, namun ini permainan kolektif dan dibutuhkan kesepahaman antara satu pemain dengan pemain lainnya, serta mental dan kondisi psikologis para pemain sangat menentukan di lapangan," katanya.

Para pemain Pro Duta sebenarnya mempunyai keberanian, tinggal mentalnya saja yang harus terus dipupuk," ujar Torsten Fink.

Sementara itu, menurut pengamatan Pelatih Klub Pro Duta, Selamet Riadi, fasilitas dan kualitas lapangan, baik di Jahnplatz Stadion - Winsen maupun di Hamburg Training Facility sangat bagus untuk menunjang program pelatihan para pemain Klub Pro Duta.

Menurutnya fasilitas stadion terbaik di Indonesia pun belum dapat menyamai fasilitas seperti yang ada di kedua tempat tersebut.

Dalam Tour-nya ke Eropa yang akan berakhir pada tanggal 22 Agustus , Klub Pro Duta yang berdiri pada 1986 menyertakan 17 pemain termasuk dua pemain asing asal Latvia, yakni kiper Dennis Romanovs dan striker Girts Karlson.

Try-out yang dipromotori Nine Sport Inc ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat dan pelajaran berharga, tidak hanya dari aspek teknis permainan, namun juga dari sisi lain seperti infrastruktur, pengembangan usia muda serta pola manajemen klub profesional.

Selama bertanding di Hamburg, Skuat Pro Duta mendapat dukungan dari Konsulat Jenderal RI Hamburg, mulai dari pencarian contact person di HSV, komunikasi dengan Kedubes Jerman di Jakarta, hingga pengerahan supporter yang terdiri dari staf KJRI dan masyarakat Indonesia di wilayah kerja.

Usai melakukan pertandingan terakhir melawan HSV U-23, seluruh pemain, pelatih dan manajemen Klub Pro Duta berkesempatan meghadiri jamuan makan yang diadakan KJRI Hamburg.

Dalam sambutannya, Konjen RI Hamburg mengatakan walaupun dalam dua pertandingan terakhir mengalami kekalahan, namun hal tersebut diharapkan tidak melemahkan semangat para pemain terus berjuang dalam pertandingan berikutnya, baik di Italia maupun di Belanda.

"Kekalahan tersebut justru merupakan pelajaran dan hasil dari pertandingan uji coba ini harus menjadi acuan dalam pengembangan pemain Pro Duta ke depan," ujar Konjen RI

Sesuai Jadwal, seluruh rombongan Klub Pro Duta akan melanjutkan lawatannya ke Italia dan Belanda.

Di Italia, Klub Pro Duta akan bertanding melawan AS Roma Primavera tanggal 17 Agustus dan melawan AC Rimini tanggal 19 Agustus.

Sementara di Belanda, klub tersebut akan bertanding melawan Klub Ajax B pada tanggal 22 Agustus.

(H-ZG/F002)