Jumat, 02 Oktober 2009

BATIK KUNO INDONESIA DIPAMERKAN DI CEKO

BATIK KUNO INDONESIA DIPAMERKAN DI CEKO

London, 2/10 (ANTARA) - Berbagai motif dan corak kain batik Yogyakarta dan Pesisiran dipamerkan selama dua bulan bertempat di Java Cafe, Praha. Ceko dari tanggal 2 Oktober hingga 30 November.
Sekretaris I Pensosbudpar KBRI Praha Azis Nurwahyudi, yang membuka pameran tersebut kepada koresponden Antara London, Jumat mengatakan pameran digelar dalam rangka mendukung pengukuhan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

UNESCO adalah Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.

Kepada undangan ia menjelaskan mengenai batik yang merupakan salah satu warisan adiluhung bangsa Indonesia yang akan dikukuhkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada Jumat 2 Oktober 2009.

Selain memajang 32 koleksi batik kuno buatan tahun 1940-an koleksi "AFIF Batik" juga dipamerkan keris sebagai senjata tradisional dari Jawa dan berbagai foto yang berkaitan dengan penggunaan kain Batik.

Pada pembukaan acara mantan Dubes Republik Ceko di Jakarta, Jaroslav Olsa menjelaskan sejarah dan perkembangan batik Indonesia, termasuk perbedaan antara Batik gaya Yogyakarta dan Pesisiran yang dipamerkan di seluruh ruangan restoran tersebut.

Sementara itu Jiri Kadlec, pemilik Java Cafe, menyatakan kebanggaannya dapat turut serta mempromosikan kebudayaan Indonesia di Ceko. Melengkapi acara tersebut, Kadlec juga menyajikan berbagai makanan Indonesia olahan Tinasrifah Tasmuri, juru masak restoran itu.

Sebagai tanda mata, semua undangan diberi kenang-kenangan berupa buku tentang batik Indonesia, dimana dipaparkan sejarah batik Indonesia termasuk proses pembuatannya. ***5***(U-ZG)


(T.H-ZG/B/Z002/Z002) 02-10-2009 21:55:40

Tidak ada komentar: