Rabu, 07 Oktober 2009

UNDIP RANGKUL UNIVERSITAS TEKNIK TERBAIK RUSIA

UNDIP RANGKUL UNIVERSITAS TEKNIK TERBAIK RUSIA

London, 7/10 (ANTARA) - Tim Universitas Diponegoro (Undip) merangkul perguruan tinggi bidang teknik terbaik di Rusia, Universitas Teknik Negeri Bauman, Rusia dan akan mengirimkan timnya ke Moskow untuk menindaklanjuti kerja sama yang dirintis.

Penandatanganan memorandum kesepahaman antara Undip Semarang dan Universitas Bauman dilakukan Wakil Rektor Undip Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Dr. Muhammad Nur dan Wakil Rektor Bauman,
Fedorov IB,di Moskow.

Counsellor KBRI Moskow, M. Aji Surya kepada koresponden Antara London, Rabu menyebutkan dalam nota kesepakatan itu, kedua perguruan tinggi sepakat bersama sama melakukan pengembangan program studi, dan penelitian serta publikasi.

Aji Surya mengatakan kedua pihak juga akan melakukan tukar menukar tenaga pengajar dan staf dalam upaya pengembangan jejaring kerja sama dan peningkatan sumber daya manusia di kedua belah pihak.

Sementara itu, Wakil Rektor Undip Muhammad Nur merasa gembira dengan disetujuinya proposal kerja sama dengan Bauman.

Dikatakannya kerja sama yang dilakukan dalam kunjungan seminggu di Rusia dengan dua universitas terkemuka yaitu RUDN dan Bauman merupakan hal yang melampaui target.

"Tanpa dukungan KBRI sejak awal, hal ini sulit terealisasikan ,? ujarnya.

Menurut Aji Surya, Peoples' Friendship University of Russia (RUDN) merupakan salah satu dari universitas terbaik di Rusia yang pendiriannya dilakukan di UGM Jogjakarta di hadapan Presiden pertama, Ir. Soekarno.

Pada awal tahun 1960-an , ratusan mahasiswa Indonesia belajar berbagai ilmu pengetahuan di bawah program "Mahasiswa Ikatan Dinas" (Mahid).

Sementara itu, Universitas Teknik Negeri Bauman merupakan universitas teknik terbaik di Rusia yang sangat kaya dengan karyanya di berbagai bidang, mulai dari peluncuran satelit hingga teknologi.

Diantara nama lulusannya yang hingga kini diabadikan karena kepandaiannya adalah Sukhoi nama pesawat tempur dan Tupolev perusahaan pembuat pesawat.

Wakil Rektor Undip Bidang Akedemik Pof. Dr. Riwanto menyatakan, untuk menindaklanjuti penandatanganan yang dilakukan di musim gugur tersebut, maka Undip akan segera mengirimkan tim khususnya untuk menjabarkan program.

Sementara Rektor Undip juga dijadwalkan berkunjung ke Bauman dan RUDN pada bulan Pebruari tahun depan.

Menurut Counsellor KBRI Moskow, M. Aji Surya, kerja sama pendidikan Indonesia-Rusia terus menggelinding sejak awal tahun ini.

Universitas di Indonesia yang sudah melakukan kerja sama sejauh ini adalah Universitas Indonesia, ITB, Unhas dan Undip . Beberapa perguruan tinggi lain masih dalam tahap penjajakan.***5***
(U-ZG) /B/A011
(T.H-ZG/B/A011/A011) 08-10-2009 00:41:34

Tidak ada komentar: