Rabu, 28 Oktober 2009

POLANDIA MITRA TERPENTING INDONESIA DI EROPA TENGAH

POLANDIA MITRA TERPENTING INDONESIA DI EROPA TENGAH

London, 28/10 (ANTARA) - Duta Besar RI Warsawa Hazairin Pohan mengatakan Polandia menjadi mitra terpenting Indonesia di Eropa Tengah, karrena hubungan dan kerja sama Indonesia dan Polandia secara substantif menjelma ke dalam hubungan kemitraan.
Dubes mengatakan hal itu dalam kuliah umum berjudul "Indonesian -Polish Relations and the Role of Indonesia in South-East Asia and the Pacific", di hadapan dosen dan mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia University of Adam Mickiewicz di Poznan, Rabu.

Jurubicara KBRI Warsawa Any Muryani kepada koresponden Antara London, mengatakan dalam kuliah yang diselingi tanya-jawab, Dubes menguraikan kemajuan Indonesia sejak memasuki era demokrasi setelah di krisis moneter tahun 1997.

Dubes Pohan mengatakan dalam goncangan ekonomi dunia dua tahun terakhir ini Indonesia berhasil mengatasi tantangan dan menjadi satu dari segelintir negara di Asia Pasifik, bersama China dan India, yang memiliki pertumbuhan ekonomi positif.
Menurut Dubes, sebagai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia dalam berbagai program sosial dan ekonominya berambisi untuk menjadi pemain menonjol di Asia Pasifik.
Pengakuan dunia dengan kedudukan sebagai satu di antara 20 ekonomi terbesar di dunia, Anggota G-20, Indonesia didukung kekayaan alam dan tenaga kerja melimpah siap mengembangkan secara signifikan hubungan dan kerja samanya dengan Polandia.

"Polandia menjadi mitra terpenting Indonesia di Eropa Tengah karena menyerap ekspor yang relatif tertinggi sebesar 550 juta dolar AS di antara seluruh negara kawasan itu," kata Dubes Pohan.

Kemajuan tersebut juga tercatat dalam kerja sama keuangan bilateral, berbagai proyek investasi Polandia di Indonesia, pariwisata, Polandia menjadikan Indonesia sebagai entry-point di kawasan Asia Tenggara yang berpenduduk lebih dari 500 juta.

Dalam paparannya Dubes RI menyampaikan Indonesia yang memiliki lebih 17.000 pulau dengan kekayaan sumber daya alam dan mineral dan menjadi penghasil komoditas dunia utama seperti coklat, kelapa sawit, karet, batu bara, nikel, dan emas juga terkenal dengan aneka ragam budaya, adat istiadat serta agama.

Dubes RI Warsawa berada di Poznan bersama Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dalam rangka partisipasi Indonesia pada Pameran Wisata Tour Salon yang diselenggarakan di Poznan, 21-24 Oktober.

Indonesia pada saat itu diwakili Kota Batam yang menampilkan tema promosi wisata dan investasi sekaligus untuk mempromosikan daerah itu untuk menarik investor.
Dubes beserta Wali Kota Batam mengadakan pertemuan dengan Rektor University Adam Mickiewicz Prof. dr hab. Bronisław Marciniak didampingi Direktur Lembaga Bahasa Dr. Norbert Kordek membahas rencana pengiriman staf pengajar bahasa Indonesia dan Melayu Riau ke Polandia.

University of Adam Mickiewicz Poznan merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Polandia yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai program studi sampai S-2. Dr. Teija Gumilar merupakan pengajar pertama yang menjadi dosen sejak lima tahun terakhir.***2***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/I011/I011) 28-10-2009 20:00:41

Tidak ada komentar: