Jumat, 02 Oktober 2009

KBRI BRATISLAVA GELAR DIPLOMASI KULINER INDONESIA

KBRI BRATISLAVA GELAR DIPLOMASI KULINER INDONESIA

London, 2/10 (ANTARA) - KBRI Bratislava mengelar diplomasi kuliner yang berjudul "Indonesian Culinary Safari" yang merupakan sarana efektif dalam meningkatkan pengenalan masyarakat internasional terhadap Indonesia.

Acara Indonesian Culinary dihadiri istri Menteri Luar Negeri Slovakia, Jarmila Lajcakova dan istri dubes dari negara sahabat seperti Finlandia, Swedia, Spanyol, Kroasia, dan undangan lainnya yang tergabung dalam International Women Club Bratislava (IWCB), Slovakia.

Sekretaris Satu Pensosbud KBRI Slovakia Wanton Saragih Sidauruk kepada koresponden Antara London, Jumat mengatakan acara digelar atas inisiatif istri Dubes RI untuk Slovakia, Ny. Emilia S. Joesoef.

Dalam sambutannya, Ny. Emilia S. Joesoef mengatakan Indonesia yang memiliki lebih dari 300 suku bangsa memiliki tradisi dan cita rasa akan berbagai jenis makanan yang paling bervariasi di dunia.

Dikatakannya setiap suku bangsa memiliki kekhasan makanan masing-masing mulai dari makanan nasi di bagian barat sampai kepada makanan sagu di bagian timur dengan berbagai cita rasa pedas, manis serta rasa asam.

Kegiatan "Indonesian Culinary Safari" diselenggarakan dengan pemutaran video memasak aneka ragam makanan Indonesia produksi BBC London.

Video yang disajikan mampu mengundang antusiasme penonton karena memperlihatkan secara menarik proses aneka ragam masakan Indonesia oleh juru masak profesional mulai dari pengolahan bumbu, pemasakan hingga penyajian dan pencicipan masakan.

Para undangan merasa semakin lengkap karena setelah menyaksikan video dapat mencicipi sendiri cita rasa aneka masakan sebagaimana yang disajikan dalam video sebelumnya.

Makanan yang dihidangkan antara lain sate Padang, satai ayam Madura, ayam Bali Betutu, nasi goreng, telur balado, rendang, gado-gado, ikan bakar, es cendol selain itu juga disajikan jajan pasar seperti semar mendem, lapis beras, wingko babat dan lapis legit.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pementasan tari Bali, dan pemutaran video Pariwisata Indonesia serta undian kupon berhadiah tiga paket parcel yang terdiri dari berbagai produk Indonesia yang hasilnya disumbangkan kepada IWCB.***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/I011/I011) 02-10-2009 21:37:10

Tidak ada komentar: