Senin, 26 Oktober 2009

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN "MALESHEVO SINGS AND DANCES"

INDONESIA RAIH PENGHARGAAN "MALESHEVO SINGS AND DANCES"

London, 27/10 (ANTARA) - Kelompok tari binaan KBRI Sofia, Pesona Mawar Nusantara (PMN), meraih penghargaan "Maestro Sings and Dances" Bulgaria untuk kedua kalinya dalam Festival Internasional Maleshevo Sings and Dances di kota Strumyani, Bulgaria.

Sekretaris Dua KBRI Sofia Djarot Purwoko Putro kepada ANTARA London, Selasa mengatakan kelompok PMN pada tahun 2008 juga meraih penghargaan untuk pertama kalinya.

Dikatakannya enam penari PMN tidak dapat menutupi kegembiraannya saat Sekretaris Walikota Strumyani, Mrs. Vanya Petranova, menyerahkan langsung penghargaan dan piala di atas panggung.

Dua tarian yang ditampilkan, yakni Bajidor Kahot dan Lenggang Nyai, dengan lenggak lenggok gemulainya, penari PMN memukau dan menghangatkan udara dingin ratusan pengunjung yang memadati alun-alun Mikrevo, Municipal Strumyani, Minggu sore.

Festival yang berlangsung tiga hari itu diikuti tidak kurang dari 2500 penyanyi dan penari dari 60 kelompok kesenian tradisional (folklore) yang berasal dari provinsi-provinsi di Bulgaria.

Selain itu festival juga diikuti delapan kelompok folklore dari Serbia, Macedonia, Yunani, Turki, Ukraina, Georgia, Spanyol, dan Indonesia yang diwakili PMN, ujarnya.

Menurut Djarot Purwoko Putro, sebagaimana tahun lalu, para juri berasal dari para pakar budaya Bulgaria dan dari beberapa negara asing yang mengikuti festival.

Ratusan penonton memberikan apresiasi spontan dengan aplaus panjang dan terkadang ikut menggerakan tangan mengikuti gerakan tarian yang dibawakan penari yang bergabung dalam PMN.

Tarian Indonesia tersebut dianggap unik mengingat memiliki karakter dan sangat berbeda dengan tarian Bulgaria dan negara sekitarnya, ujar Djarot Purwoko Putro.

Festival juga diliput media masa Bulgaria di antaranya Bulgarian National Television (BNT) yang merupakan salah satu sponsor utama Maleshevo Sings and Dances 2009.

Kata "Maleshevo" berasal dari nama pegunungan Maleshevo, Bulgaria Barat Laut, lokasi Kota Strumyani.

Festival ini diadakan untuk yang keenam kalinya dan berlangsung setiap akhir bulan Oktober.

Dikatakannya pada awalnya festival bertujuan sebagai ajang kompetisi kelompok folklore di antara desa-desa di sekitar pegunungan Maleshevo (semacam reunion) dan kemudian berkembang sejak tahun lalu menjadi festival internasional dan diikuti beberapa negara asing.

Municipal Strumyani merupakan bagian dari Distrik/Provinsi Blagoevgrad dan terkenal sebagai daerah penghasil marmer dan anggur di Bulgaria, demikian Djarot Purwoko Putro ***5***
(T.H-ZG/B/A026/A026) 27-10-2009 01:59:11

Tidak ada komentar: