Kamis, 15 Oktober 2009

ITPC LYON GELAR FESTIVAL INDONESIA

ITPC LYON GELAR FESTIVAL INDONESIA

London, 15/10 (ANTARA) - Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (Indonesia Trade Promotion Centre -ITPC) Lyon, Perancis, Rabu mengelar festival Indonesia guna mempromosikan kebudayaan dan produk-produk Indonesia kepada masyarakat Perancis di Kota Lyon, Perancis.

Kepala Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Lyon, Perancis Bambang Purnomo dalam keterangannya kepada ANTARA di London, Kamis mengatakan, festival Indonesia mendapat dukungan KBRI Paris.

Dikatakannya acara Festival Indonesia digelar untuk pertama kalinya di Kota Lyon sejak 10 tahun terakhir dihadiri Kuasa Usaha Ad Interim/KUAI Maruli Tua Sagala KBRI Paris, Wakil Walikota Grand Lyon masyarakat Indonesia di Lyon.

Berbagai produk Indonesia dipamerkan dalam Festival Indonesia, mulai dari hasil kerajinan tangan berupa asesoris dan perhiasan, lukisan, topeng, patung, sandal, dan produl tekstil, sabun natural, furniture, serta batik yang baru diakui oleh UNESCO sebagai 'intangible cultural heritage' milik Indonesia.

Pengunjung mendapat suguhan kesenian Indonesia berupa tari tarian yang dibawakan penari dari Jawa Timur dan Bali yang tampil memukau, demonstrasi gamelan Bali, serta suguhan makanan khas Indonesia, seperti sate, nasi goreng, bakwan dan makanan ringan.

KUAI KBRI Paris Maruli Tua Sagala, berharap agar Festival Indonesia di Lyon menjadi agenda kegiatan tahunan, mengingat posisi Kota Lyon yang strategis dalam sistem perekonomian Perancis, di samping Paris dan Marseille.

Hal itu sejalan dengan ambisi Kota Lyon untuk menjadi pusat kegiatan budaya di Eropa dan di dunia, dimana Lyon merupakan tempat penyelenggaraan kegiatan budaya tahunan yang atraktif seperti Fete des Lumieres/Pesta Cahaya dan Biennale d'Art Contemporain.

Pilihan Kota Lyon merupakan hal yang tepat dalam upaya memperkenalkan keberadaan ITPC Lyon yang baru diresmikan akhir Juli lalu.

Dalam kesempatan itu juga diadakan undian berhadiah tiket pulang-pergi Paris-Yogyakarta, serta berbagai hadiah produk Indonesia. Keseluruhan hasil penjualan makanan Indonesia diserahkan untuk korban bencana di Sumatera Barat, demikian Bambang Purnomo.***5***
(T.H-ZG/B/A026/A026) 15-10-2009 23:02:05

Tidak ada komentar: