Jumat, 02 Oktober 2009

KBRI LONDON KOORDINASI BANTUAN INGGRIS

KBRI LONDON KOORDINASI BANTUAN INGGRIS

London, 2/10 (ANTARA) - KBRI London membentuk satuan tugas untuk mengkoordinasikan upaya pemberian bantuan dari berbagai pihak di Inggris untuk penanggulangan bencana gempa bumi di Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Jambi.

Para pelaksana tugas di Satgas KBRI London terus menjalin kontak dengan lembaga dan instansi terkait di Indonesia serta Kementerian Luar Negeri (FCO) dan Departemen untuk Pembangunan Internasional (DFID) di Inggris untuk mengkoordinasikan upaya-upaya pemberian bantuan tersebut.

Juru bicara KBRI London Counsellor Herry Sudradjat kepada koresponden Antara London, Jumat mengatakan KBRI London memfasilitasi keberangkatan Tim SAR dari organisasi non-pemerintah Rapid UK yang meninggalkan London menuju kota Padang, Sumatra Barat.

Satgas KBRI London juga telah memfasilitasi kepergian dua tim SAR lainnya dari organisasi non-pemerintah SARaid dan International Rescue Corps yang berangkat menyusul ke Padang sehari kemudian.

Pemerintah Inggris melalui DFID merencanakan untuk mengirimkan 66 personel dan dua anjing pelacak yang tergabung dalam tim SAR yang akan terbang langsung dengan pesawat carter khusus menuju kota Padang pada hari ini.

Keberangkatan Tim SAR Inggris tersebut juga didampingi sejumlah pekerja sosial dari beberapa organisasi kemanusiaan Inggris serta wartawan dari media cetak. Pesawat khusus tersebut diharapkan akan tiba di kota Padang pada hari Sabtu pagi.

Gempa di kedua provinsi di Indonesia tersebut telah mendapat perhatian dan simpati yang sangat besar dari media di Inggris, dan hampir semua media baik cetak maupun elektronik di Inggris memberitakan terjadinya bencana tersebut.
Perhatian yang besar juga ditunjukkan oleh para mahasiswa dan warga Indonesia di Inggris yang dengan antusias mereka mencoba untuk mengupayakan penggalangan dana untuk membantu para korban di kedua provinsi tersebut.

Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Thamrin menyatakan sangat berterima kasih dan terharu dengan perhatian dan simpati yang begitu besar tidak hanya dari media tetapi juga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris terhadap kejadian bencana gempa tersebut.
Duta Besar Yuri Thamrin juga sangat menghargai perhatian dan simpati dari Pemerintah Inggris yang diwujudkan melalui bantuan pengiriman Tim SAR untuk membantu para korban bencana gempa tersebut.

Diakuinya hal tersebut merupakan wujud dari hubungan bilateral yang sangat baik antara kedua negara dan pemerintahan. ***5***
(U-ZG)
(T.H-ZG/B/I011/I011) 02-10-2009 21:27:18

Tidak ada komentar: