Kamis, 29 Oktober 2009

UNIVERSITAS BABEŞ-BOLYAI DI RUMANIA TAWARKAN KERJASAMA

UNIVERSITAS BABEŞ-BOLYAI DI RUMANIA TAWARKAN KERJASAMA

London, 29/10 (ANTARA) - Wakil Dekan Fakultas Ilmu Politik, Administrasi Publik dan Komunikasi Universitas Babeş-Bolyai (UBB) Cluj, Prof Dacian Dragoş, menawarkan kerjasama antar universitas dengan Indonesia.

"Hal itu disampaikan Prof Dacian Dragoş pada pertemuan dengan KBRI Bucharest di universitas tersebut," ujar Sekretaris Tiga Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Bucharest, Rumania Widya Airlangga kepada koresponden Antara London, Kamis.

Menurut Widya Airlangga, bentuk kerjasama yang ditawarkan oleh universitas terbesar di Romania tersebut adalah pertukaran informasi, pertukaran staf pengajar dan mahasiswa serta pertukaran budaya antara Indonesia dengan Rumania.

Dalam pertemuan yang dihadiri jajaran pengajar dari UBB dan staf KBRI juga dibahas kemungkinan kerjasama dalam lingkup ASEAN dengan membuat semacam ASEAN Corner di Universitas Babeş-Bolyai.

KBRI Bucharest yang diwakili Counsellor Politik Eddy Mulya menawarkan kepada pihak UBB untuk mengadakan kontak dengan universitas di Indonesia apalagi pada tahun 2010 digelar pertemuan internasional antar universitas di Bali, Indonesia.

Universitas Babes-Bolyai juga membuka kesempatan kepada akademisi dari Indonesia dapat mempublikasikan jurnal atau tulisan di Universitas tersebut.

Dalam kesempatan itu juga diadakan tukar menukar informasi mengenai sistem pendidikan tinggi di Rumania dan Indonesia.

Universitas Babeş-Bolyai yang didirikan tahun 1581 memiliki 21 fakultas dengan sekitar 50,000 mahasiswa, dan merupakan universitas terbesar di Rumania, bahkan di wilayah Eropa Timur.

Pertemuan tersebut merupakan langkah awal dalam meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Rumania dalam rangka meningkatkan people-to-people contact antarkedua negara, demikian Widya Airlangga.

***5***
(U.H-ZG/B/A041)
(T.H-ZG/B/A041/A041) 29-10-2009 06:18:36

Tidak ada komentar: