Selasa, 20 Oktober 2009

GINGERBON PERMEN JAHE INDONESIA MASUK CEKO

GINGERBON PERMEN JAHE INDONESIA MASUK CEKO

London, 21/10 (ANTARA) - Sebanyak satu kontainer kembang gula Gingerbon atau permen rasa Jahe dan Bontea, permen rasa teh hijau isi lemon dalam bentuk kemasan plastik didistribusikan ke beberapa toko makanan, minuman dan kembang gula di Ceko selama sebulan terakhir ini.

Perusahaan G. A. Coj distributor makanan dan minuman Asia di Ceko melakukan penandatanganan kontrak dengan PT. Agel Langgeng di Bekasi yang memproduksi kembang gula asal Indonesia tersebut, ujar Sekretaris Satu Bidang Ekonomi KBRI Praha Yusran Hadromi kepada ANTARA London, Rabu.

Menurut Yusran, pemilik perusahaan G. A. Coj, Genadi secara khusus mengundang staff KBRI Praha meninjau salah satu toko guna melihat langsung dinamika penjualan produk kembang gula tersebut.

Genadi menyatakan alasan memilih produk kembang gula asal Indonesia tersebut karena sudah dikenal dan digemari di beberapa negara Uni Eropa selain minimnya produk kembang gula rasa jahe dan teh hijau di pasar Ceko.

Jahe dan teh hijau mengandung zat antioksidant, menghilangkan rasa mual, meringankan batuk selain tentunya rasa hangat bila dicicipi sesuai dengan udara dingin di Eropa diyakini berguna untuk kesehatan.

Hingga saat ini, produk kembang gula/permen yang beredar di pasar Ceko didominasi rasa coklat, buah-buahan dan menthol dan mayoritas diproduksi perusahaan Swiss, Jerman, Belgia dan Ceko.

Dalam rangka meningkatkan nilai impor produk kembang gula ini, perusahaan G. A. Coj mengupayakan agar produk kembang gula tersebut juga menjadi sarana promosi bagi perusahaan di Ceko dengan menampilkan logo/nama perusahaan.

Menurut Yusran, KBRI mengupayakan untuk mempromosikan produk tersebut agar lebih berhasil dalam pemasaran dan diterima khalayak Ceko.

Turki Airlines
Dikatakannya dalam waktu dekat, sampel produk kembang gula tersebut juga akan disuguhkan di stan Turkish Airlines pada pameran Expat Expo di Praha 31 Oktober mendatang.

Manajemen Turkish Airlines, membuka rute Praha-Istanbul-Jakarta, mengusulkan agar produk kembang gula tersebut dijadikan sarana promosi perusahaan di berbagai event di Ceko.

Commercial Manager Turkish Airlines di Ceko Erkan Erdogan, menyatakan tidak tertutup kemungkinan Turkish Airlines mempergunakan permen itu di dalam kabin pesawat terbang untuk dibagikan kepada para penumpang.

Selain berhasil mengimpor permen dari Indonesia, perusahaan G. A. Coj menyatakan keinginannya untuk mengimpor produk berkualitas lainnya dari Indonesia.

Untuk mendukung rencana G.A. COJ, KBRI mengadakan product launching kembang gula rasa jahe ini dengan salah satu toko kembang gula ?Cukrarna Simona" yang berlokasi di tengah kota Praha.

Walaupun telah dibanjiri dengan produk-produk makanan dari Asia, namun produk Indonesia mempunyai prospek yang baik untuk memasuki pasar Ceko.

Namun, ketatnya tes produk makanan yang masuk ke Ceko, KBRI menyarankan agar setiap produk yang akan diekspor ke Ceko dapat diperhatikan mutu, kualitas serta masa kedaluarsa produk.

Sementara ini, produk-produk Indonesia yang masuk di pasar Uni Eropa relatif akan lebih mudah dipasarkan di Ceko, demikian Yusran Hadromi.***2***

(T.H-ZG/B/A026/A026) 21-10-2009 06:28:17

Tidak ada komentar: