Kamis, 16 Mei 2013

KBRI HAVANA


KBRI HAVANA GELAR MALAM BUDAYA INDONESIA

London, 16/5 (Antara) - KBRI Havana bekerja sama dengan Universidad Central "Marta Abreu" de Las Villas (UCLV) menyelenggarakan Malam Budaya Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kuba terutama di bidang sosial budaya kepada kalangan geneasi muda.

"Kegiatan ini dihadiri ratusan mahasiswa dan pejabat dari Pemerintah Provinsi Villa Clara seperti Sekretaris Majelis Kekuatan Rakyat Villa Clara, Marisol García Cabrera dan Direktur Hubungan Internasional Pemrov Villa Clara, Reday René Armas," kata Sekretaris Tiga KBRI Havana Arief Wicaksono P Putro kepada ANTARA London, Kamis.

Rektor UCLV Dr. Andrés Castro Alegria dan Wakil Rektor bidang Ekonomi Dr. Hugo Granela Martín juga ikut menghadiri malam budaya tersebut.

Arief memperkirakan hingga 400 mahasiswa menikmati pertunjukan beberapa kebudayaan Indonesia seperti alat musik Angklung (Jawa Barat) yang dimainkan oleh konservatorium musik Jose White dari Camaguay.

Selain itu, acara yang digelar di kampus UCLV Havana itu juga menampilkan Tari Yapong (Betawi), Tari Saman (Aceh) dan Tari Poco-poco (Maluku) oleh mahasiswa Universitas Havana yang mempelajari kebudayaan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan tari dari kelompok "5 de deciembre" khas dari Kuba dan kawasan Karibia serta pagelaran busana bermotifkan batik.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UCLV menyampaikan apresiasi atas upaya pengenalan kebudayaan Indonesia bagi masyarakat Villa Clara di UCLV dan berharap hubungan kerjasama terutama di bidang sosial budaya dapat terus ditingkatkan antara kedua pihak.

Sementara Dubes RI untuk Havana menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kunjungan ke Villa Clara pada bulan April tahun lalu yang diantaranya diisi dengan kuliah publik di Fakultas Sastra UCLV.

Lebih lanjut, Dubes RI untuk Havana mengatakan antusiasme para mahasiswa pada kuliah publik yang ingin lebih mengetahui tentang Indonesia juga yang menjadi salah satu dasar penyelenggaraan kegiatan Malam Budaya Indonesia.

Dalam kesempatan terpisah, Dubes juga melakukan wawancara dengan media lokal yang antara lain membicarakan mengenai kedekatan historis antara Indonesia dan Kuba di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya serta perkembangan hubungan bilateral antara kedua negara. (ZG)
(T.H-ZG/B/A. Novarina/A. Novarina) 16-05-2013 18:27:33

Tidak ada komentar: