Rabu, 08 Mei 2013

PPI EROPA

PPI EROPA AMERIKA GELAR SIMPOSIUM DI ISTAMBUL

Oleh Zeynita Gibbon

London, 5/5 (ANTARA)- Para pelajar yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia Eropa dan Amerika mengadakan simposium bertemakan "Mengoptimalkan Peran Demokrasi dan Kemajuan Ekonomi Indonesia Sebagai Modal Menjadi Bangsa yang Besar".

Simposium akan diadakan di Istanbul, Turki selama tiga hari dari tanggal 17 hingga 19 Mei mendatang.

Ketua Panitia Pengarah Deden Mauli Darajat kepada ANTARA London, Minggu, mengatakan simposium merupakan bagian dari program kerja PPI Turki periode 2013-2014 yang dipimpin Yaumil Fadli Suhairi , mahasiswa S2 Jurusan Kimia Midle East Technical University.

Simposium yang kepanitiaannya dilaksanakan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki (PPI Turki) bekerjasama dengan aliansi PPI kawasan Eropa dan Amerika dihadiri beberapa perwakilan pelajar dari Indonesia yang sedang menimba ilmu di negara-negara kawasan Eropa Amerika seperti Jerman, Prancis, Inggris, Rusia,Ceko,Swedia, Portugal, Kanada dan Amerika.

Deden Mauli Darajat, mahasiswa S2 Jurusan Jurnalistik Ankara University, mengatakan berdasarkan perkembangan, kegiatan yang akan digelar selama tiga hari akan disusun dengan skema "road map".

Skema tersebut menunjukkan rangkaian acara berupa dialog yang dibentuk berdasarkan komisi-komisi, terbagi menjadi tiga komisi antara lain komisi Kepemimpinan dan Demokrasi, Komisi Sains dan Teknologi, serta Komisi Ekonomi dan Kewirausahaan.

Komisi ini sendiri dibentuk berdasarkan gabungan perwakilan para pelajar Indonesia yang datang dari berbagai negara di kawasan Eropa dan Amerika.

Hasil dari dialog ini akan ditutup dengan pengesahan Piagam Istanbul yang sebelumnya akan dirumuskan dalam rapat paripurna dan diserahkan sebagai rekomendasi untuk Indonesia.

Di hari kedua digelar seminar bertemakan "Mengoptimalkan Peran Demokrasi dan Kemajuan Ekonomi Indonesia Sebagai Modal Menjadi Bangsa yang Besar" di Convention Hall Fatih University.

Para pembicara yang sudah konfirmasi datang yakni Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Azwar Abubakar beserta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia KMRT Roy Suryo dalam symposium yang dihadiri sekitar 200 peserta dari berbagai elemen masyarakat Turki.
Panitia pelaksana ("operating committee") gabungan panitia yang direkrut dari berbagai pelajar seantero Turki dan dipimpin Firdaus Furitno (mahasiswa S1 Jurusan Kimia Istanbul University) akan mengajak peserta simposium menjelajahi tempat wisata dan bersejarah di wilayah Istanbul.

Tempat-tempat yang akan dikunjungi seperti Museum Hagia Sophia, Museum Dolmabahçe, Topkap Saray yang dikemas dalam kegiatan "field trip".

Acara didukung KBRI dan KJRI Turki serta konsulat kehormatan di beberapa wilayah Turki. Untuk media partner Panitia simposium PPI Eropa Amerika bekerjasama dengan Radio PPI Dunia, yaitu radio "streaming online" para pelajar Indonesia yang berada di Luar negeri.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Turki, Yaumil Fadli Suhairi, mengharapkan simposium bisa menjadi sebuah sumbangsih nyata para pelajar Indonesia di Turki untuk perkembangan iptek, kewirausahaan juga politik, di era reformasi di Indonesia.***4***(ZG)
(T.H-ZG/B/Y. Alfrin/Y. Alfrin) 05-05-2013 07:08:56

Tidak ada komentar: