Kamis, 28 April 2016

HUNGARIA

DUBES RI BERTEMU PARLEMEN HONGARIA
Oleh Zeynita Gibbons

London, 6/4 (Antara) - Delegasi yang dipimpin Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Parlemen Hongaria Mr Zsolt Nemeth di Gedung Parlemen Budapest, Selasa (5/4) waktu setempat.

Dubes menjelaskan sejak kunjungan PM Viktor Orban ke Indonesia Februari lalu, hubungan bilateral kedua negara semakin erat, demikian Pensosbud KBRI Budapest Yudhi Gunawan kepada Antara London, Rabu.

Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya perjanjian di sektor ekonomi maupun pendidikan tinggi antara Indonesia dan Hongaria yang dapat dijadikan sebagai jembatan ilmu pengetahuan dan hubungan bilateral kedua negara.

Kerja sama pendidikan tinggi semakin penting oleh kedua negara dan kunjungan kerja Universitas Gadjah Mada ke Hongaria yang dipimpinan Rektor UGM Prof Dwikora Karnawati menunjukan universitas itu dapat dijadikan sebagai jembatan ilmu pengetahuan dan hubungan bilateral kedua negara.
Sebelum pertemuan ini, delegasi UGM melakukan penandatangan kerja sama pendidikan tinggi dengan dua universitas kenamaan di Hongaria, yaitu Universitas Szent Istvan Godollo dan Universitas Pecs.

Dwikora Karnawati menjelaskan kunjungannya ke Parlemen Hongaria ini merupakan kunjungan balasan kepada Zsolt Nemeth yang telah mengunjungi UGM sekitar dua bulan yang lalu.

Zsolt Nemeth meyakini perjanjian kerja sama tersebut segera diimplementasikan oleh masing-masing perguruan tinggi dan manfaat nyata dari kerja sama tersebut tidak hanya dirasakan kedua universitas, tetapi berdampak positif bagi hubungan bilateral Indonesia dan Hongaria.

Selain itu, UGM tidak hanya berkiprah dalam bidang keilmuan dan penelitian saja, tetapi telah terjun pula dalam dunia usaha dalam memasarkan produk-produk unggulannya.

UGM melalui anak usaha PT Pagilaran melakukan penjajakan kerja sama dengan salah satu retailer terbesar di Hongaria, yaitu CBA. ***4***(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 06-04-2016 18:05:00









Tidak ada komentar: