Kamis, 28 April 2016

ROMA


BUSANA ADAT PERKAWINAN INDONESIA MEMUKAU PEREMPUAN ROMA

Zeynita Gibbons

London, 21/4 (Antara) - Keindahan dan kekayaan ragam busana daerah serta dalamnya makna adat perkawinan Nusantara memukau kaum perempuan Roma, saat KBRI Roma mempresentasikan "A Glimpse of Indonesia" di depan Rome International Women's Club Luncheon yang diselenggarakan di Hotel Beverly Hills Roma, Kamis.

Acara yang dibuka istri Duta Besar RI untuk Italia, Sonya Parengkuan dan juga dihadiri istri Duta Besar RI untuk Vatikan itu terselenggara atas kerja sama KBRI Roma dan Rome International Women's Club.

Dalam sambutannya, istri Dubes Parengkuan menjelaskan keanekaragaman budaya dan tradisi Indonesia yang tersebar di belasan ribu kepulauan Indonesia.

Beragam jenis kebaya, baju kurung, kain batik, kain ulos, serta kain songket dari berbagai daerah di Indonesia, yang dipamerkan dan diperagakan secara langsung, mengundang decak kagum para hadirin dalam acara tersebut.

Kekaguman hadirin semakin meningkat ketika mendapat penyelasan tentang beragamnya dan dalamnya makna upacara adat perkawinan nusantara. Berbagai pertanyaan pun dikemukakan terkait makna dari simbol, motif dan warna kain yang dipertunjukkan.


Puncaknya adalah pada saat pakaian pengantin khas Palembang diperagakan, hampir seluruh yang hadir dalam acara tersebut memuji dan berebut ingin berfoto bersama dengan model. Respon positif tersebut menunjukkan besarnya animo kaum perempuan kota Roma terhadap kekayaan budaya Indonesia.(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 21-04-2016 05:17:34

Tidak ada komentar: