Kamis, 28 April 2016

KARTINI

PEKERJA DOMESTIK DI LONDON RAYAKAN HARI KARTINI
     Zeynita Gibbons
    London, 25/4 (Antara) - Para  pekerja domestik di London yang tergabung dalam organisasi Indonesian Networking Development United Kingdom (Induk) dengan mengenakan busana nasional berkebaya warna-warni dan berkain panjang merayaan Hari Kartini di gedung KBRI London, Minggu.

         Acara yang dihadiri  Dubes RI di London Rizal Sukma dan Ny Hana Satrio serta Minister Counsellor Eka A. Suripto itu diawali dengan melantumkan lagu Hymne Kartini  dan dilanjutkan tari Merak yang dibawakan tiga anggota Induk, Yani Andriani, Siti Aisah dan Annie.

        Dubes Rizal Sukma mengatakan peringatan Hari Kartini  yang diperingati anggota Induk sebagai hari pahlawan tidak hanya sekedar mengenakan busana nasional kebaya tetapi sangat relevan untuk merefleksikan diri. Kaum perempuan tidak saja menjalankam peran domestik semata tapi lebih dari itu semangat untuk menimba ilmu dan juga memiliki tanggung jawab dalam keluarga. "Harus dipahami persamaan hak dengan kaum pria," ujarnya
   Dikatakannya semangat untuk maju bisa dibaca dari buku Kartini, seperti halnya anggota Induk yang bekerja keras, dan ini patut dibanggakan. Peran Induk juga penting dalam membantu KBRI membawa nama baik Indonesia.

        Sementara itu Pengurus Induk Tuti Hatmawati menyampaikan  pertemuan induk bulan  ini diisi dengan peringatan hari Kartini, karena Induk yang anggotanya hampir semua wanita sangat mendukung cita cita Kartini agar wanita Indonesia lebih baik dan bisa berperan lebih di samping kewajibannya sebagai wanita, istri dan ibu.

        Dikatakannya para anggota Induk adalah wanita yang selalu ingin belajar dan bekerja keras agar bisa hidup lebih baik lagi bagi diri sendiri maupun keluarganya dan berharap bisa turut memajukan bangsa Indonesia. "Dengan semangat Kartini mari kita tingkatkan pendidikan, harkat dan martabat wanita Indonesia untuk di junjung lebih tinggi," kata Tuti yang sudah sembilan tahun bekerja sebagai pengasuh anak.

        Acara perayaan Kartini oleh anggota Induk yang tidak saja menjadi pekerja domestik tetapi juga menjadi pengasuh anak itu ditutup  dengan santap siang bersama dengan Dubes dan istri dan dilanjutkan dengan berbagai lomba seperti lomba baca puisi, menata meja, lomba Keluwesan kebaya dan lomba joget ballon .

        Keluar sebagai juara baca puisi juara satu  Milawati, kedua Hasnah dan ketiga Siti Aisah Haryani, sementara lomba menata meja dimenangkan oleh Marwati, juara dua Sihati Kadimun dan ketiga Parwati, pemenang untuk lomba joget balon keluar sebagai juara pasangan Parwati dan Marwati.

        Acara makin meriah saat pekerja domestik mengadakan peragaan busana nasional yang dimenangkan oleh Sihati dan kedua Endah serta ketiga Ellen Momor Antheunis. Salah seorang penari Annie yang bekerja di London selama delapan tahun mengakui senang bisa ikut menyemarakkan Hari Kartini. "Meskipun sempat panas dingin menari tarian merak di depan bapak dan ibu Dubes," ujar Annie.***4***

(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 25-04-2016 08:22:18

Tidak ada komentar: