Kamis, 28 April 2016

MONTENEGRO


PAVILIUN INDONESIA "THE BEST PARTICIPANT" DI MONTENEGRO

Zeynita Gibbons

London, 23/4 (Antara) - Paviliun Indonesia ditetapkan sebagai The Best Participant (peserta terbaik) dan menerima penghargaan dari penyelenggara International Tourism Exchange and Tourism Fair, Equipment for Hotels & Catering Metubes, Budva, Montenegro pada 21-23 April 2016.

Direktur Utama Pameran, Dr. Rajko Bujkovic, mengatakan Indonesia berhasil meraih predikat sebagai perserta terbaik karena dipandang sukses mempresentasikan potensi pariwisata dari berbagai aspek (destinasi wisata, kuliner dan budaya).

Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Beograd, Habadi Soewedo kepada Antara London, Sabtu menyebutkan, Paviliun Indonesia dengan luas 63m2, mengangkat tema 'Wonderful Indonesia' yang mengedepankan wisata maritim. 

Setiap pengunjung yang singgah berkesempatan menikmati gambaran aneka pengalaman wisata Indonesia, ujarnya.

Acara penyerahan penghargaan dilaksanakan di salah satu hall/gedung pameran dihadiri kalangan pejabat, media, dan bisnis Montenegro.

Duta Besar RI untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou, mengakui Indonesia sangat kaya destinasi wisata, budaya dan kuliner. Ketiga hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjalankan strategi promosi yang menyeluruh pada setiap kesempatan.

Dubes sangat menghargai penghargaan tersebut dan berharap momentum ini akan semakin meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara. Dikatakannya Indonesia sangat kaya destinasi wisata, budaya dan kuliner. Ketiga hal tersebut merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menjalankan strategi promosi yang menyeluruh di tiap kesempatan.

Menurut Dubes, KBRI senantiasa memadukan berbagai jenis promosi (destinasi wisata, budaya, kuliner dan fashion) pada setiap kegiatan yang apabila diramu dengan baik, perpaduan tersebut dapat semakin membuat promosi menjadi efektif.

`'Wonderful Indonesia' disajikan Paviliun Indonesia antara lain melalui suguhan specialty coffee dan tarian tradisional. Berbagai strategi tersebut bertujuan menanamkan 'mimpi' berlibur di Indonesia pada benak wisatawan potensial, sekaligus memantapkan image branding Wonderful Indonesia di kawasan Eropa.

Paviliun Indonesia selalu ramai dipadati pengunjung. Pada jam-jam puncak, petugas kewalahan melayani banyaknya pertanyaan mengenai paket perjalanan ke Indonesia maupun dari agen wisata yang berkeinginan menjalin kerja sama dengan mitra Indonesia.

Sepanjang sejarah pameran, Indonesia adalah negara Asia pertama yang menjadi partner country. Partisipasi KBRI Beograd mendapat dukungan penuh dari Inna Hotel Group, Indonesian Trade Promotion Center Budapest, Jungle Travel dan Asvinia Travel.

Montenegro adalah negara di kawasan Eropa Tengah yang sangat maju di bidang pariwisata. Selama tahun 2015, tercatat sebanyak 1,7 kunjungan wisatawan ke Montenegro. Jumlah kunjungan tersebut hampir tiga kali lipat jumlah penduduk Montenegro.


Dari sisi pendapatan negara, 70 persen diperoleh dari sektor pariwisata. Oleh sebab itu, kehadiran Indonesia di Montenegro bukan sekedar untuk menarik wisatawan, namun juga mendorong kerja sama business-to-business utamanya di bidang pariwisata. (ZG) ***3***(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 23-04-2016 05:42:55

Tidak ada komentar: