PAVILIUN INDONESIA "THE BEST
PARTICIPANT" DI MONTENEGRO
Zeynita Gibbons
London, 23/4 (Antara) - Paviliun
Indonesia ditetapkan sebagai The Best Participant (peserta terbaik) dan
menerima penghargaan dari penyelenggara International Tourism Exchange and
Tourism Fair, Equipment for Hotels & Catering Metubes, Budva, Montenegro
pada 21-23 April 2016.
Direktur Utama Pameran, Dr. Rajko
Bujkovic, mengatakan Indonesia berhasil meraih predikat sebagai perserta
terbaik karena dipandang sukses mempresentasikan potensi pariwisata dari
berbagai aspek (destinasi wisata, kuliner dan budaya).
Fungsi Penerangan, Sosial dan
Budaya KBRI Beograd, Habadi Soewedo kepada Antara London, Sabtu menyebutkan,
Paviliun Indonesia dengan luas 63m2, mengangkat tema 'Wonderful Indonesia' yang
mengedepankan wisata maritim.
Setiap pengunjung yang singgah berkesempatan menikmati gambaran aneka pengalaman wisata Indonesia, ujarnya.
Acara penyerahan penghargaan
dilaksanakan di salah satu hall/gedung pameran dihadiri kalangan pejabat,
media, dan bisnis Montenegro.
Duta Besar RI untuk Republik
Serbia merangkap Montenegro, Harry R.J. Kandou, mengakui Indonesia sangat kaya
destinasi wisata, budaya dan kuliner. Ketiga hal tersebut dapat dimanfaatkan
untuk menjalankan strategi promosi yang menyeluruh pada setiap kesempatan.
Dubes sangat menghargai
penghargaan tersebut dan berharap momentum ini akan semakin meningkatkan
hubungan kerja sama kedua negara. Dikatakannya Indonesia sangat kaya destinasi
wisata, budaya dan kuliner. Ketiga hal tersebut merupakan potensi yang dapat
dimanfaatkan untuk menjalankan strategi promosi yang menyeluruh di tiap
kesempatan.
Menurut Dubes, KBRI senantiasa
memadukan berbagai jenis promosi (destinasi wisata, budaya, kuliner dan
fashion) pada setiap kegiatan yang apabila diramu dengan baik, perpaduan
tersebut dapat semakin membuat promosi menjadi efektif.
`'Wonderful Indonesia' disajikan
Paviliun Indonesia antara lain melalui suguhan specialty coffee dan tarian
tradisional. Berbagai strategi tersebut bertujuan menanamkan 'mimpi' berlibur
di Indonesia pada benak wisatawan potensial, sekaligus memantapkan image
branding Wonderful Indonesia di kawasan Eropa.
Paviliun Indonesia selalu ramai
dipadati pengunjung. Pada jam-jam puncak, petugas kewalahan melayani banyaknya
pertanyaan mengenai paket perjalanan ke Indonesia maupun dari agen wisata yang
berkeinginan menjalin kerja sama dengan mitra Indonesia.
Sepanjang sejarah pameran,
Indonesia adalah negara Asia pertama yang menjadi partner country. Partisipasi
KBRI Beograd mendapat dukungan penuh dari Inna Hotel Group, Indonesian Trade
Promotion Center Budapest, Jungle Travel dan Asvinia Travel.
Montenegro adalah negara di
kawasan Eropa Tengah yang sangat maju di bidang pariwisata. Selama tahun 2015,
tercatat sebanyak 1,7 kunjungan wisatawan ke Montenegro. Jumlah kunjungan
tersebut hampir tiga kali lipat jumlah penduduk Montenegro.
Dari sisi pendapatan negara, 70
persen diperoleh dari sektor pariwisata. Oleh sebab itu, kehadiran Indonesia di
Montenegro bukan sekedar untuk menarik wisatawan, namun juga mendorong kerja
sama business-to-business utamanya di bidang pariwisata. (ZG) ***3***(T.H-ZG/B/T.
Susilo/T. Susilo) 23-04-2016 05:42:55
Tidak ada komentar:
Posting Komentar