Kamis, 28 April 2016

ITALIA




FILM KARYA GARIN CURI PERHATIAN MASYARAKAT ITALIA
Oleh Zeynita Gibbons

London, 12/4 (Antara) - Film Indonesia "Aach...Aku Jatuh Cinta" (Chaotic Love Poems) menarik perhatian ratusan pemerhati film dan khalayak umum Italia yang memenuhi gedung teater tempat digelarnya Festival Sinema Afrika, Asia, dan Amerika Latin 2016 (Festival Cinema Africano, Asia e America Latina) di Milan, Italia.

Film arahan Sutradara Garin Nugroho adalah film drama komedi romantis Indonesia yang dibintangi Pevita Pearce sebagai Yulia, Chico Jericho sebagai Rumi, Nova Eliza ditayangkan sebagai "special performance", demikian Pelaksana Fungsi Pensosbud, KBRI Roma, Aisyah Allamanda kepada Antara London, Selasa.

Festival Sinema Afrika, Asia, dan Amerika Latin merupakan festival film asing bergengsi di Italia yang rutin diselenggarakan setiap tahun di Milan sejak tahun 1991.

Tahun ini, Festival diselenggarakan dari tanggal 4 hingga 10 April, disebut sebagai salah satu dari tiga festival film di seluruh Eropa yang mendedikasikan programnya untuk penggambaran budaya Afrika, Asia dan Amerika Latin secara utuh.

Di sela-sela penyelenggaraan Festival film digelar acara "happy hour: apperitivo da Indonesia", yang menyediakan kuliner Indonesia berupa jajan pasar seperti klepon, lumpia, bubur sumsum, rujak serut hingga wedang jahe, yang habis diserbu masyarakat Italia.

Promosi gastronomi ini terselenggara KBRI Roma, bekerjasama dengan Asosiasi Rela Hati Komunitas Indonesia di Parma serta penyelenggara Festival.

Duta Besar RI untuk Italia, August Parengkuan menyampaikan apresiasinya atas minat publik yang tinggi terhadap film dan jajan pasar khas Indonesia dan mengundang warga negara Italia untuk berkunjung ke Indonesia agar dapat mengenal lebih jauh ragam budaya dan makanan yang menjadi bagian kekayaan tradisi Indonesia.

Promosi gastronomi di sela-sela festival film merupakan upaya KBRI untuk membina hubungan dengan berbagai kelompok diaspora Indonesia di Italia. Anggota Asosiasi Rela Hati beranggotakan diaspora Indonesia yang bermukim di wilayah utara Italia seperti Kota Milan dan Parma.

***4*** (T.ZG)
(T.H-ZG/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 12-04-2016 14:00:55



Tidak ada komentar: