Kamis, 26 April 2012

BULGARIA


RI IKUTI FESTIVAL TAHUNAN DI KUNO VELIKO TARNOVO, BULGARIA

            London, 24/4 (ANTARA) - KBRI Sofia mewakili Indonesia berpartisipasi pada "International Tourist Fair-Cultural Tourism" yang diselenggarakan Pemerintah Kota Veliko Tarnovo, Bulgaria, baru baru ini.

           Dubes RI untuk Bulgaria Bunyan Saptomo hadir sebagai salah satu tamu kehormatan Wali Kota Veliko Tarnovo,  Daniel Panov yang dibuka oleh Ketua Gereja Orthodox yang memberikan doa serta menyucikan pameran ini, demikian Sekretaris Tiga KBRI Sofia Nadia Said kepada ANTARA London, Selasa.

           Wali Kota Panov menyampaikan pentingnya peranan wisata dan budaya dalam meningkatkan ekonomi suatu negara serta persiapan yang sedang dilakukan oleh kota Veliko Tarnovo untuk menjadi kota budaya di Bulgaria pada tahun 2019
      Selain Indonesia, pameran ini diikuti oleh berbagai agen perjalanan wisata Bulgaria serta perwakilan dari mancanegara yakni; Jepang, Cina, Argentina, Romania dan Malta.

           Stan Indonesia memutar film tujuan pariwisata Indonesia, membagikan brosur pariwisata (kuliner, belanja, petualangan, tujuan serta wisata laut), aneka kerajinan tradisional serta alunan lagu daerah nusantara.

           Pengunjung yang kebanyakan berasal dari kalangan pemuda Bulgaria menunjukan ketertarikan yang sangat besar terhadap pariwisata Indonesia, selain kekayaan alam dan kemajuan pembangunan, para pengunjung juga tertarik untuk menikmati kuliner khas nusantara.

           Pada hari yang sama, Dubes Bunyan Saptomo meresmikan klub pecinta Indonesia, Klub Nusantara cabang Veliko Tarnovo yang disambut baik Walikota Panov.

           Diharapkan dengan adanya klub nusantara di kota seni dan budaya ini dapat mempererat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Bulgaria di kemudian hari.

           Peresmian diisi dengan penampilan dari anggota klub Nusantara yang membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa, Disini senang disana senang, serta Halo-halo Bandung.

           Dubes Bunyan Saptomo setelah mengikuti pembukaan pameran ini diterima  Wali Kota Daniel Panov yang  menyampaikan terima kasih atas penerimaan serta undangan Wali Kota Veliko Tarnovo kepada KBRI untuk berpartisipasi pada pameran pariwisata dan budaya internasional.

           Hal ini yang sangat  berguna untuk meningkatkan kerja sama antara KBRI Sofia dengan Kota Veliko Tarnovo.  Wali Kota Panov menyampaikan keinginan untuk mengadakan hubungan kota bersaudara dengan salah satu kota di Indonesia yang memiliki karateristik yang sama dengan Veliko Tarnovo sebagai kota budaya, turis dan sejarah yang terletak di pedalaman.

           Melihat karateristik ini, kota di Indonesia paling cocok untuk menjadi partner Veliko Tarnovo adalah kota Yogyakarta.

           KBRI Sofia memeriahkan acara penutupan pameran wisata-budaya ini dengan menampilkan tari Bajidor Kahot dan Nandak Ganjen yang dibawakan penari Pesona Mawar Nusantara yang mendapat apresiasi dari seluruh pengunjung. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 24-04-2012 15:15:07

               

Tidak ada komentar: