Senin, 02 April 2012

NORWEGIA

                NORWEGIA AKAN BUKA PERWAKILAN NIAGA DI JAKARTA

         London, 1/4 (ANTARA) - Menteri Perdagangan dan Industri Norwegia, Trond Giske menyatakan bahwa Innovation Norway, kantor perwakilan niaga resmi Pemerintah Norwegia, akan membuka perwakilannya di Jakarta.

        Hal tersebut diungkapkan Trond Giske dalam sebuah pertemuan di Wisma Duta, Oslo, demikian Pensosbud KBRI Oslo Dyah Kusumawardani kepada ANTARA London, Minggu. 
   Trond Giske mengakui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, didukung sumber daya manusia melimpah dan kekuatan pasar yang tinggi, sehingga sangat menarik minat Norwegia untuk meningkatkan hubungan ekonomi.

        Innovation Norway dibentuk untuk mendukung kegiatan investasi bisnis dan industri perusahaan Norwegia di luar negeri, sekaligus mempromosikan Norwegia sebagai tempat tujuan wisata.

        Kantor perwakilan di Jakarta akan mencakup wilayah Asia Tenggara, dengan fokus pada Indonesia.

        Trond Giske mengatakan, ekonomi Indonesia berkembang dengan pesat dengan banyak potensi yang masih belum digali. Norwegia ingin menjadi bagian dari perkembangan Indonesia dan kantor perwakilan Innovation Norway di Jakarta penting artinya untuk menjembatani hal tersebut.

        Dubes Norwegia untuk Indonesia, Eivind Homme, yang juga hadir pada kesempatan tersebut menambahkan, Indonesia telah menjadi negara berpendapatan triliunan dolar, menyusul China, India, dan Korea, dan saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kerja sama dengan mendirikan kantor Innovation Norway di Jakarta.

        Reformasi telah mengubah wajah Indonesia dan sekarang merupakan tempat yang sangat menjanjikan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dan memegang berbagai peran penting di tingkat internasional, sehingga menjadi daya tarik investasi dan tujuan pasar, ujar  CEO Innovation Norway, Gunn Ovesen.

        Dubes Indonesia untuk Norwegia, Esti Andayani, antusias menyambut rencana tersebut dan menjelaskan bahwa Indonesia telah semakin kondusif bagi industri, dengan perencanaan pembangunan lebih komprehensif melalui enam koridor pembangunan menurut wilayah.

        Pemerintah, selain mendorong dan memfasilitasi investasi, mempunyai komitmen good governance yang tinggi, didukung KPK dan seluruh rakyat Indonesia, ujarnya.

        Dibukanya kantor Innovation Norway di Jakarta disambut baik oleh International Market Manager dari Oslo Chamber of Commerce Astri Platou serta beberapa pimpinan industri besar yang juga hadir pada kesempatan tersebut, yaitu CEO Hoegh & Co. Thor Jørgen Guttormsen, CEO Q-Free Øyvind Isaksen, serta Board Director  dari Norwegian Tunnelling Network Ola Woldmo.

        Nilai investasi asing langsung (FDI) Norwegia pada periode 2006-2010 mencapai 24,9 juta dolar AS. Selain itu, Pemerintah Norwegia juga menginvestasikan Dana Minyaknya dalam sejumlah perusahaan di Indonesia, yang pada Desember 2011 nilainya mencapai kurang lebih 775 juta dolar AS.

        Sementara itu, volume perdagangan 2011 memperlihatkan surplus untuk Indonesia, dengan volume ekspor naik sebesar 13 persen menjadi 986 juta NOK, dengan kenaikan komoditi pakaian, alas kaki, perlengkapan komunikasi dan suara, produk kayu dan gabus, serta manufaktur dari logam. Impor Indonesia dari Norwegia pada 2011 menunjukkan penurunan sebesar 31 persen menjadi 565 juta NOK.

        Kantor Innovation Norway di Jakarta akan berafiliasi dengan Kedutaan Besar Norwegia, dan dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada triwulan terakhir 2012. ***2***
(T.H-ZG/B/A026/A026) 01-04-2012 23:14:02

               

Tidak ada komentar: