Rabu, 13 Maret 2013

"BUCH AWARD"




               


ANDREA HIRATA TERIMA "BUCH AWARD" DI BERLIN

          Berlin, 9/3 (ANTARA) - Penulis "Laskar Pelangi" yang mengisahkan perjalanan anak muda dengan latar belakang keindahan Pulau Belitung, Andrea Hirata, mendapat penghargaan "ITB Buch Award 2013" dalam  pameran pariwisata terbesar di ITB Berlin, Jumat sore.

         Buku "best seller" karya Andrea Hirata yang telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa, itu mendapat penghargaan ITB Buch Award kategori literatur yang diorganisir Messe Berlin.

         Pada pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin 2013 itu, Indonesia menjadi "official partner country" penyelenggaraan pameran bursa pariwisata terbesar di dunia yang telah berlangsung sejak tahun 1966.

         Andrea Hirata kepada wartawan usai acara penyerahan penghargaan bersama dengan penulis buku wisata lainnya di Komplek Gedung Messe Berlin mengatakan bahwa tidak mengetahui pasti kriteria yang dalam penilain bukunya.

         "Saya kurang tahu pasti proses pemberian penghargaan diberikan oleh panitia penyelenggara pameran pariwisata ITB Berlin," ujar Andrea yang bukunya sudah diterbitkan kedalam berbagai bahasa dan menjadi 'book of the month" di Australia.

         Dikatakannya, dalam beberapa bulan belakangan ini, ia disibukkan dengan terjemahan dan editing buku Laskar Pelangi yang sudah terbit di sekitar 17 negara yang cukup rumit bahkan di Amerika Serikat sampai 14 bulan.

         Menurut Andrea, dengan penghargaan yang diberikan untuk buku Laskar Pelangi, Pulau Bangka Belitung semakin dikenal dan banyak wisatawan yang datang yang tentunya akan dapat  meningkatkan ekonomi rakyat.

         "Saya optimistis hal itu diirngi dengan perkembangan buku di Tanah Air," ujar Andrea yang mengatakan bahwa dirinya siap membantu penulis muda yang ingin menerbitkan bukunya di luar negeri.

         Diakuinya memang tidak mudah dalam menulis buku, tetapi potensinya cukup besar dan untuk itu Andrea siap membantu penulis muda yang ingin menerbitkan buku.

         Sementara itu, mengenai Berlin, Andrea mengakui bahwa Kota Berlin memberi banyak inspirasi bagi penulis dari sejarah kota yang luar biasa.

         "Kota Berlin memberikan nuansa dari sejarah yang luar biasa," ujar Andrea yang mengakui bahwa Berlin memiliki banyak kegitan dan acara seperti musik.

         Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kepulauan Propinsi Bangka Belitung Yan Megawandi mengakui dengan adanya buku Andrea Hirata, nama Pulau Bangka Belitung makin dikenal dan banyak wisatawan yang berkunjung.

         Dikatakannya, Pemda siap menerima wisatawan baik domesik maupun mancanegara dan bahkan jumlah penerbangan pun bertambah. "Saya optimistis pariwisata ekonomi di Bangka Belitung akan terus meningkat berkat buku Andrea Hirata yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa itu," ujarnya.

         Dikatakannya bahwa jumlah wisatawan terus meningkat, pembenahan pun banyak dilakukan dalam segala hal. ***4***


(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 09-03-2013 10:34:58

Tidak ada komentar: