Rabu, 13 Maret 2013

KJRI DUBAI



KJRI DUBAI GELAR SEKOLAH UNTUK TKW

          London, 8/3 (ANTARA) - Sebanyak 40 tenaga kerja wanita (TKW) mengikuti pelajaran di sekolah TKW yang digelar KJRI Dubai bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI setempat periode tahun 2013 di ruang Serba Guna KJRI Dubai.

         Acting Konsul Jenderal RI Dubai Heru Sudradjat dalam sambutan pembukaan sekolah itu mengatakan tujuan utama diadakannya sekolah adalah untuk pembinaan dan pemberdayaan TKW yang berada di penampungan sementara KJRI Dubai.

         Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai Adiguna Wijaya kepada ANTARA London, Jumat, menyebutkan hadir dalam acara pembukaan Ketua Dharma Wanita Persatuan KJRI Dubai Westi Sudradjat beserta para guru.

         Lebih lanjut Heru Sudradjat mengatakan bahwa Sekolah TKW itu ditujukan sebagai sarana pembelajaran bagi TKW di penampungan sementara KJRI Dubai selain menambah bekal kemampuan dan keterampilan mereka.

          Diharapkan sekembalinya ke Tanah Air mereka tidak lagi mencari kerja ke luar negeri namun mencoba mencari penghidupan yang lebih baik berdasarkan kemampuan dan ketrampilan yang mereka miliki.

          Pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh dapat menjadi nilai tambah kemampuan yang mereka miliki dan diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan sekolah ini.

          KJRI Dubai bekerja sama dengan DWP KJRI Dubai melaksanakan Sekolah TKW sejak Januari 2011, yang berada di penampungan sementara sambil menunggu proses penyelesaian hukum dan administrasi atas berbagai kasus yang dihadapi dengan instansi terkait di Dubai dan lima Emirat lainnya di wilayah utara PEA.

          Seluruh kebutuhan dan peralatan kelas disediakan KJRI Dubai.  Tahun ini, pelaksanaan Sekolah TKW KJRI Dubai terdiri dari beberapa kelas, yaitu kelas bahasa Inggris tingkat dasar dan menengah, ketrampilan dan menjahit/ aksesoris,  tata meja/ tata hidang (table manner), komputer, serta kelas pendidikan jasmani.

          Tenaga pengajar merupakan relawan yang berasal dari para ibu masyarakat Indonesia yang berada di Dubai maupun anggota DWP KJRI Dubai  memiliki latar belakang profesi dan pendidikan yang terkait dan mempersiapkan materi pelajaran dan berbagai bahan pendukung dan disesuaikan kebutuhan para murid.

           Program pembelajaran setiap kelas dilaksanakan selama dua jam di hari kerja dari Minggu hingga Kamis dan dua kelas di akhir pekan. Sekolah yang diadakan di ruang serba guna yang pada waktu jam kerja berfungsi sebagai ruang tamu KJRI Dubai yang dirubah menjadi ruang kelas, dan dihalaman KJRI khusus untuk pendidikan jasmani seperti senam kesegaran jasmani.

          Tenaga pengajar Sekolah TKW KJRI Dubai di antaranya Indah Brown dan Baby Rianti Sarmanella yang mengajar Bahasa Inggris, Rosaline Elfring dan Hanoum Nurabadi untuk kelas bahasa Inggris tingkat dasar serta Indriyani Muhammad Bram dan Via O'Hanlon mengajar di kelas ketrampilan dan menjahit/ aksesoris.

          Selain itu, Ari Martin yang mengajar tata meja dan  hiding serta Westi Sudrajat di kelas komputer dan Sri Mujiati mengajar pendidikan jasmani.  Selain itu, para ibu anggota DWP KJRI Dubai dan staf KJRI Dubai juga bertugas piket secara bergantian untuk membantu kelancaran pelaksanaan kelas Sekolah TKW. ***4***



(T.H-ZG/B/Farochah/Farochah) 08-03-2013 14:40:33

Tidak ada komentar: