Rabu, 13 Maret 2013

SULUT DI BERLIN



SULUT JARING WISATAWAN DI ITB BERLIN

          Berlin, 12/3 (ANTARA) - Sulawesi Utara yang dikenal dengan wisata alamnya berupaya menjaring wisatawan dari Eropa khususnya dari Jerman dalam pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin yang berlangsung sejak 4 Maret 2013.

         Gubernur Sulawesi Utara Dr S.H Sarundajang  kepada ANTARA London, Selasa mengatakan promosi pariwisata terus digalakan dalam upaya menjaring turis dari mancanegara khususnya dari Jerman.

         Dikatakannya potensi destinasi wisata di Sulawesi Utara sangat menjanjikan terutama wisata bahari dalam hal ini untuk diving yang tidak hanya terdapat di Bunaken, namun diberbagai pelosok negeri Nyiur Melambai seperti Selat Lembeh, Minahasa Utara maupun dikepulauan Sangihe dan Talaut. 
    Sedangkan untuk Highland tours bisa mengunjungi Hutan Lindung Tangkoko, pusat kerajianan knockdown houses di Woloan, Bukit Kasih maupun Danau Linow dan Danau Tondano di Minahasa. 
    Semantara itu Kepala dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Utara, Suprianda Ruru mengatakan promosi Sulawesi Utara ikut mempromosikan obyek wisata dalam penyelenggaraan ITB Berlin yang tahun ini Indonesia menjadi official partner country.

         Hal ini merupakan kesempatan bagi provinsi Sulawesi Utara untuk mempromosikan daerah, ujarnya.  Dengan filosofi ¿seeing is believing¿ Kadis Sulut mengupayakan acara tarian tradisonal dan permainan kolintang bekerjasama dengan KBRI Berlin dan Kelompok Minaesa, Berlin.

         Menurut Suprianda Ruru, wisatawan asal Inggris masih mendominasi kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara (Sulut) dimana selama tahun 2012 tercatat sebanyak 6.879 orang sementara wisatawan Jerman 5.922, Belanda 3.683, dan Perancis 2.343 orang.

         Dikatkannya total kunjungan wisman ke Sulut selama tahun 2012 tercatat sebanyak 50.008 orang, meningkat 16,20 persen dibandingkan tahun 2011 yang ketika itu hanya tercatat sebanyak 41.904 orang.

         Sulawesi Utara dengan kelompok kolintang yang difasilitasi KBRI Berlin juga tampil mengibur para undangan saat acara pembukaan ITB Berlin yang juga dihadiri Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

    ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 12-03-2013 06:46:49

Tidak ada komentar: