Rabu, 13 Maret 2013

PAPUA



                POTENSI WISATA PAPUA BELUM TERGARAP MAKSIMAL

          Berlin  11/3 (ANTARA) ¿ Potensi wisata di wilayah Papua dinilai luar biasa namun sayangnya belum digarap dengan maksimal,
padahal semua obyek ada di wilayah Indonesia bagian Timur itu.

         Hal itu diungkapkan Dr Werner F Weiglein, dari Papua Promotion House Europe  kepada ANTARA London, Minggu ditengah tengah acara pameran pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin dimana Indonesia sebagai partner country.

   
¿Prospek wisata di Papua nomor satu dan luar biasa,¿ ujar  Dr Werner F Weiglein menambahkan bahwa ia terus berupaya mempromosikan berbagai obyek wisata di Papua termasuk lembah Baliem, suku Asmat, Gunung Trikota dan Carstensz Pyramide.

   
Menurut Werner, sudah puluhan tahun ia mempromosikan keindahan Papua dan sudah banyak juga masyarakat Jerman yang berlibur dan melakukan ekspedisi di Papua.

   
Diakuinya selama ini ia tidak mendapati masalah yang berarti dalam mempromosikan Papua di kalangan masyarakat Jerman dan juga di Eropa. ¿Mereka sangat senang berlibur dan mencari sesuatu hal yang baru yang tidak didapatkan mereka di Jerman,¿ ujarnya.

   
Setiap tahun Werner melakukan promosi di berbagai pameran pariwisata dan bahkan dalam penyelenggaraan pameran  di ITB Berlin sudah sejak lama dilakukannya. ¿Kali ini kami ikut berpromosi secara besar-besaran apalagi Indonesia bertindak sebagai official partner country dalam penyelenggaraan ITB Berlin 2013,¿ ujarnya .

   
Stand Papua yang dihiasai dengan patung setinggi orang dari suku Asmat berhasil menarik pengunjung untuk berphoto. ¿Sudah ratusan pengunjung yang berphoto dengan patung itu, ujar Werner menunjuk dua patung besar yang berada di depan stand Papua yang bersebelahan dengan stand Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia dan Express Air.

    Menurut Werner, selama ini tidak ada kendala baik dalam hal penerbangan maupun kendala lainnya yang dihadapinya selama ini dalam mempromosikan Papua.

   
¿Tidak sulit, saya pernah membawa 600 tamu tahun lalu dan tidak ada masalah apalagi penerbangan sekarang sudah baik,¿ ujarnya menambahkan tamu sangat senang karena pemandangan yang alami serta flora dan fauna yang beragam dan melakukan ekspedisi dan expenture. Obyek wisata lainnya seperti gunung Trikora dengan salju abadi dan beragam anggrek yangs erring diliput oleh televisi Jerman.

   
Mengenai acara pembukaan pameran ITB Berlin, Werner mengakui sangat bagus sekali dan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para undangan apalagi dihadiri Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Kanselir Jerman Angela Merkel.(ZG)

(T.H-ZG/B/M. Taufik/M. Taufik) 11-03-2013 19:34:14

Tidak ada komentar: