Rabu, 20 Maret 2013

KONJEN HAMBURG

KONJEN RI HAMBURG TINJAU INDUSTRI KOMPRESOR

         London, 20/3 (ANTARA) - Konjen RI Hamburg Marina Estella Anwar Bey, mengunjungi perusahaan manufaktur Jerman memproduksi kompresor bertekanan tinggi untuk keperluan industri, perkapalan dan pembangkit listrik berbasis di Kiel, ibukota salah satu negara bagian Jerman Schleswig-Holstein.

        Pimpinan Grup Sauer Compressors, Dr. Dieter Murmann, yang sejak 1989 hingga saat ini menjabat Konsul Kehormatan RI memiliki hubungan bisnis dengan Indonesia sejak lama, demikian keterangan Konjen Hamburg yang diterima di London, Rabu.

        Diharapkan bisa bekerjasama dengan Pertamina dan salah satu perusahaan swasta, sebagai penyuplai kompresor untuk sub-marine Indonesia dan keperluan pembangkit listrik.

        Selain Indonesia, di kawasan Asia, Sauer Compressors menjual produknya ke Malaysia, dan memiliki kantor perwakilan di Singapura.

    Dr. Murmann juga memiliki anak perusahaan lainnya yaitu Bertold Sichert GmbH, yang berbasis di Berlin dan menjual perlengkapan komunikasi, serta FEW Group yang berlokasi di wilayah Leipzig dengan produk komponen otomotif.

        Konjen RI Hamburg Marina Estella Anwar Bey menyampaikan dukungannya atas keberhasilan usaha Dr. Murmann dan berharap hubungan kerjasamanya dengan Indonesia tetap terbina dengan baik.

        Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki keunggulan dalam hal industri teknologi manufaktur dan perkapalan  mensuplai produk kompresor untuk industri perkapalan dan pembangkit listrik Indonesia.

        Sauer Compressors merupakan grup perusahaan pemasok terkemuka dunia bagi pasar industri dan pembuatan kapal penumpang dan angkatan laut yang memiliki track record lebih dari 125 tahun dan tingkat produksi sekitar 300-400 kompresor per bulan.

        Perusahaan Sauer Compressors tersebar di beberapa negara, yaitu Inggris, AS, Perancis, Ceko, China dan India yang kepemilikan saham tersebar di berbagai negara dengan kepemilikan penuh oleh Sauer Compressors, kecuali di India yang merupakan perusahaan usaha patungan.

        Produk kompresor yang dihasilkan pun sangat bervariasi, dari yang memiliki kekuatan tekanan kecil 8-40 bar, hingga yang terbesar yaitu 50-500 bar.

        Penjualan untuk keperluan perkapalan merupakan penjualan terbesar, yaitu sebesar 44 persen dibandingkan penjualan untuk keperluan angkatan laut, industri dan pertambangan lepas pantai.

        Sebagian besar perusahaan perkapalan di Jerman menggunakan kompresor yang setiap kapal, membutuhkan dua unit atau maksimal empat unit kompresor untuk kapal sangat besar.

        Pemilihan suplai kompresor sangat tergantung pada kepercayaan pelanggan terhadap produsen. Pabrik di Kiel merupakan fasilitas produksi terbesar di grup perusahaan dengan luas wilayah 40 ribu meter persegi.

        Jumlah tenaga kerja sebanyak 250 pegawai di Kiel, perusahaan ini dapat dikatakan sebagai perusahaan besar di Jerman. Sedangkan jumlah pegawai pada pabrik di Ceko sebanyak 125 orang dan memiliki biaya operasional yang lebih efektif dibandingkan perusahaan di Jerman.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/C/S. Suryatie/S. Suryatie) 20-03-2013 11:54:29

Tidak ada komentar: