Selasa, 19 Maret 2013

PPI BELANDA



PPI BELANDA GELAR DISKUSI EKONOMI

          London, 18/3 (ANTARA) - Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Belanda bekerjasama dengan KBRI Den Haag, PPI Kota Den Haag, dan Institute of Social Studies (ISS) Erasmus University mengelar diskusi bertajuk "Inovasi sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi Indonesia" di Den Haag dijadwalkan 22 Maret 2013.

         Ketua Bidang Media Informasi dan Komunikasi di PPI Belanda, Ryvo Octaviano kepada ANTARA London, Senin mengatakan tampil sebagai pembicara pada diskusi tersebut dua intelektual terkemuka tanah air Prof Didiek J Rachbini, anggota Komite Ekonomi Nasional, dan Prof. Firmanzah, penasehat khusus presiden RI bidang ekonomi.

         Dikatakannya diskusi ini merupakan ¿pemanasan¿ dari event utama yang akan digelar pada bulan September yaitu International Conference on Indonesia Development (ICID) 2013 yang menghadirkan karya-karya ilmiah mengenai pembangunan Indonesia. 
    Selain itu konferensi tersebut diharapkan menjadi jembatan antara pelajar dan masyarakat Indonesia di luar negeri dengan pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan terkait yang juga akan diundang untuk hadir di Belanda.

         Menurut Ryvo Octaviano,  tema ekonomi yang bebasis inovasi dipilih mengingat relevansi dan aktualitasnya dengan kondisi pertumbuhan ekonomi di tanah air.

         Di satu sisi Indonesia dinilai oleh dunia sebagai salah satu kekuatan ekonomi baru dengan pertumbuhan yang stabil, bahkan diprediksi akan menjadi kekuatan ekonomi ke-6 pada tahun  2030, ujarnya.

         Namun di sisi lain, banyak yang menungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi tersebut hanya didorong oleh munculnya kelas menengah yang konsumtif sebagai akibat bonus demografi yang terjadi secara alamiah.

         Di sisi lain komoditas unggulan masih banyak berupa sumber daya alam mentah yang miskin akan nilai tambah.

         Dengan demikian maka inovasi menjadi kunci untuk Indonesia yang berdaya saing dan kompetitif, jika kita menginginkan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas.

         Diskusi seperti ini adalah hal yang penting agar pemikiran pelajar Indonesia di luar negeri akan bangsanya dapat diramu dalam sebuah wadah yang bermutu.

         Harapannya dari konferensi ini bisa dihasilkan rekomendasi-rekomendasi yang solutif dan inovatif bagi tantangan juga peluang yang dihadapi negara kita.

         Informasi lebih lanjut dapat diketahui di halaman website: http://icid.ppibelanda.org dan kami masih membuka "call for paper" bagi seluruh pelajar yang ingin menyumbangkan tulisan ilmiahnya.

    ***3***
(ZG)

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 18-03-2013 07:17:37

Tidak ada komentar: