Rabu, 20 Maret 2013

MEUTIA HATTA




MEUTIA HATTA PERKENALKAN BUDAYA INDONESIA DI SERBIA

         London, 20/3 (ANTARA) -  Pakar ilmu antropologi dari Universitas Indonesia Meutia Hatta Swasono memperkenalkan budaya Indonesia pada Seminar Budaya Internasional di Universitas Beograd, Serbia.

        "Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya dengan sekitar 745 etnis dan sub-etnis memiliki keunikan budaya sendiri,"  ujar Meutia Hatta Swasono saat tampil sebagai salah satu pembicara pada "Culture: In Quest of a New Paradigm" di Universitas Beograd, Republik Serbia.

        Sekretaris III KBRI Serbia Ariana Yulianti kepada ANTARA London, Rabu mengatakan bahwa Meutia Hatta Swasono menyebutkan Indonesia kaya dengan berbagai warisan budaya yang turut menciptakan identitas nasional bangsa.

        Pemaparan tersebut mendapat perhatian khusus dari kalangan akademisi di Beograd, khususnya dari Ibu Negara Serbia Ny. Dragisa Nikolic yang memberikan waktu dan perhatian khusus bagi kehadiran Meutia Hatta Swasono di Beograd.

        Seminar dihadiri akademisi internasional dari berbagai paham ilmu itu sebagai langkah mencari paradigma baru dalam pemahaman kebudayaan berbagai bangsa dan negara.

        Meutia mengatakan bahwa dengan keragaman budaya dan etnis tersebut, Indonesia dapat memimpin jalan menuju persahabatan dan kerukunan antara sesama di negara-negara lain untuk menciptakan perdamaian dan hidup berdampingan di antara komunitas dan bangsa.

        Meutia Hatta juga menjelaskan tentang kehidupan rakyat Indonesia yang multikultur dimana budaya tersebut menjadi pedoman masing-masing anggota etnis dalam menjalankan kehidupan.

        Dikatakannya keberadaan Pancasila sebagai dasar Negara sebagai perwujudan aspirasi dan pemersatu rakyat Indonesia untuk senantiasa berada di satu atap Negara Indonesia, ujarnya.

        Kehadiran Meutia Hatta Swasono pada seminar disambut gembira dan hangat oleh kalangan akademisi universitas dan mereka mengharapkan untuk dimasa mendatang dapat dilaksanakan kembali kegiatan serupa untuk lebih mempererat hubungan kerja sama di bidang pendidikan kedua negara.

        Meutia Hatta Swasono adalah pakar ilmu antropologi dari Universitas Indonesia, yang kini menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden di bidang budaya dan pendidikan, serta menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan pada tahun 2004-2009. ***4***
(T.ZG)

(T.H-ZG/C/R. Malaha/R. Malaha) 20-03-2013 08:37:25

               


Tidak ada komentar: