Jumat, 12 Maret 2010

BULGARIA PANDANG INDONESIA SEBAGAI NEGARA BESAR

BULGARIA PANDANG INDONESIA SEBAGAI NEGARA BESAR

London, 12/3 (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Bulgaria yang baru, Letjen (Purn) Anyu Angelov, mengatakan, Bulgaria memandang Indonesia sebagai negara besar yang memainkan peranan penting di kawasan ASEAN (Asia Tenggara), ASEM (Asia-Eropa) dan dunia internasional.

"Hal itu diungkapkan Menhan Bulgaria Anyu Angelov, saat menerima kunjungan kehormatan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang," kata Sekretaris Tiga KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London, Jumat.

Dikatakannya, pada kesempatan tersebut, Dubes Immanuel Robert Inkiriwang menyampaikan selamat atas pengangkatan Menteri Angelov sebagai Menhan Bulgaria.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan penuh persahabatan tersebut, Menhan Bulgaria didampingi, antara lain, Deputi Menhan Dr Valentin Radev, Chef de Cabinet Jordan Bozhilov dan Direktur Kebijakan Hankam Kolonel Radostin Iliev.

Menteri Angelov yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Menhan pada bulan Januari 2010 diangkat menjadi Menhan menggantikan Nickolay Mladenov yang kini menjadi Menlu Bulgaria.

Menhan Bulgaria menyampaikan salam hangatnya kepada Menhan RI berharap dapat bertemu dengan Menhan RI pada kesempatan baik.

Ia ingin dapat membicarakan peningkatan kerjasama hubungan bilateral RI-Bulgaria di bidang hankam dan berdiskusi serta bertukar pandangan dengan Menhan RI mengenai "security outlook" di masing-masing kawasan.

Dikatakannya, Bulgaria ingin belajar banyak dari Indonesia yang dipandang memiliki kebijakan hankam yang baik, terutama dalam turut memelihara perdamaian dan kestabilan di kawasan Asia Tenggara.

Dubes mengharapkan kerja sama di bidang hankam, yang merupakan kerja sama yang sangat strategis, juga memiliki elemen ekonomi dalam pembangunan kedua negara seperti "joint production" senjata dan kendaraan militer.

Keduanya sepakat untuk terus berupaya meningkatkan kerja sama RI-Bulgaria di bidang hankam, termasuk untuk mendorong keikutsertaan delegasi resmi dan pengusaha pada masing-masing "Defense Expo", yaitu "Indo Defense Expo 2010" di Jakarta dan "Hemus Defense Expo 2010" di Plovdiv, Bulgaria.

Pada "Indo Defense Expo 2008", dua tahun lalu, delegasi Bulgaria dipimpin Deputi Menhan saat itu, Spas Panchev, berpartisipasi dengan enam perusahaan industri pertahanan Bulgaria.

Menhan Bulgaria juga mendukung adanya kegiatan saling berkunjung antara pejabat sipil dan perwira militer Kemhan RI dan Bulgaria, bahkan saling kunjung antar-"military cadet", serta kerja sama antar-rumah sakit dan museum militer kedua negara.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyerahkan cendera mata kepada Menhan Bulgaria berupa wayang Pandawa Lima.

(U.H-ZG/B/a041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 12-03-2010 10:31:02

Tidak ada komentar: