Jumat, 12 Maret 2010

INDONESIA JADI FOKUS PADA CZECH-ASIA FORUM DI PRAHA

INDONESIA JADI FOKUS PADA CZECH-ASIA FORUM DI PRAHA

London, 10/3 (ANTARA) - Indonesia menjadi fokus dalam acara The 4th Czech-Asia Forum yang diselenggarakan Image Conference and Consulting S.R.O yang merupakan wadah mempertemukan para pengusaha dari Ceko dan negara-negara Asia baru baru ini.


Czech Asia Forum dihadiri pejabat Ceko, diantaranya Deputi Menteri Perindustrian, Vlastimil Lorenz, serta pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup, Kamar Dagang dan Industri Ceko, pengusaha yang tertarik menanamkan investasinya di Asia, ujar Counselor Pensosbudpar KBRI Praha, Ceko, Azis Nurwahyudi kepada koresponden Antara London, Selasa.


Pertemuan tahun ini difokuskan pada pengembangan kerjasama Ceko dengan negara-negara Asia di bidang infrastruktur yang memiliki keterkaitan dengan sejumlah sektor lainnya, seperti industri, perhubungan, jasa, lingkungan hidup, melalui penggunaan sumber daya yang diperbaharui, teknologi maju serta know-how yang memadai.


Sementara itu Sekretaris Pertama Ekonomi di KBRI Praha, Yusran Hadromi, mengatakan, Czech-Asia Forum kali ini difokuskan pada tiga negara Asia, yakni Indonesia, India, dan Korea Selatan.


Dalam Forum tersebut Indonesia menghadirkan delegasi dari Propinsi DIY yang akan membangun Bandara Kulon Progo yang rencananya dilakukan konsorsium perusahaan Ceko, PT Rajawali Nusantara Indonesia yang akan mengembangkan pabrik gula, dan Badan Penanaman Modal Kabupaten Minahasa.


Dikatakannya, dalam acara tersebut panitia forum juga memberikan kesempatan khusus untuk melakukan presentasi berbagai proyek di Indonesia.


Presentasi tentang dunia usaha di Indonesia dilakukan pakar politik dan Indonesianis PhD. Zdenek Zboril , Dr. Karel Peter Kucera dari perusahaan Mott MacDonald serta mantan Dubes Ceko di Indonesia, Jaroslav Vesely, dan Ketua Komite Indonesia, Kadin Ceko Petr Pelcik), dan ahli manajemen hutan dari Fakultas Pertanian Universitas Ceko, Ing. Lubomir Zalek .


Selain berbagi pengalaman mengenai Indonesia, presentasi dalam kesempatan itu juga dipaparkan mengenai proyek-proyek yang masih berada pada tahap persiapan maupun yang belum pernah ditawarkan.


Dikatakannya, berbagai proyek yang dilakukan dan yang tengah dikerjakan dengan melibatkan perusahaan asal Ceko antara lain proyek rehabilitasi Danau Tondano di Sulawesi Utara yang melibatkan tenaga ahli dari Universitas Pertanian Ceko dan perusahaan Ceko.


Indonesia setiap tahun selalu ikut dalam kegiatan forum tersebut mengharapkan dengan semakin pahamnya para pengusaha Ceko tentang iklim investasi dan penanamaan modal di Indonesia, maka mereka akan tertarik untuk melakukan investasi di berbagai proyek di Indonesia. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/M012/M012) 10-03-2010 16:54:39

Tidak ada komentar: