Sabtu, 20 Maret 2010

DIRJEN OFID: INDONESIA BERIKAN SUMBANGSIH PENTING

DIRJEN OFID: INDONESIA BERIKAN SUMBANGSIH PENTING

London, 20/3 (ANTARA) - Direktur Jenderal Dana OPEC bagi Pembangunan Internasional (OFID) Suleiman J-Al Herbish mengatakan Indonesia adalah negara besar dan menjadi anggota OFID yang memberikan sumbangsih penting pada perjalanan organisasi OFID.

Hal itu disampaikan Dirjen Suleiman J-Al Herbish ketika menerima Dubes Indonesia untuk Austria dan Slovenia yang sekaligus Wakil Tetap RI untuk organisasi internasional PBB dan Non-PBB, I Gusti Agung Wesaka Puja di markas besar OFID di Wina, Austria, baru-baru ini.

Pejabat Pensosbud KBRI/PTRI Wina, Djati Ismojo, kepada koresponden Antara London, Sabtu mengatakan dalam kunjungan kehormatan itu Duta Besar RI untuk Wina menyatakan penghargaan atas aktivitas kemanusiaan dan fasilitasi program pembangunan yang selama ini dilakukan OFID untuk membantu negara sedang berkembang.

Dubes RI Wina juga menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Suleiman J-Al Herbish atas bantuan kemanusiaan emergency relief yang selama ini diberikan OFID untuk membantu korban bencana alam gempa bumi yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut Dubes RI untuk Wina, ia berupaya untuk memperkenalkan OFID kepada publik Indonesia mengingat peran dan sumbangan organisasi tersebut bagi negara-negara sedang berkembang yang dinilainya cukup besar.

Dirjen Suleiman J-Al Herbish menjelaskan sejarah dan perkembangan OFID yang kini tumbuh menjadi organisasi dengan aktivitas yang sangat padat dalam memfasilitasi proyek pembangunan melalui pemberian pinjaman lunak kepada hampir 123 negara, serta hibah dan bantuan sosial pada sejumlah organisasi masyarakat maupun individu yang dinilai berjasa pada bidangnya masing-masing.

Selain menghargai aktivitas Indonesia dalam OFID, Dirjen Suleiman J-Al Herbish memuji kinerja dan keberadaan enam warga nasional Indonesia yang bekerja sebagai pegawai profesional dalam tubuh organisasi internasional yang beranggotakan 12 negara tersebut.

Secara khusus Dirjen Suleiman J-Al Herbish mengisahkan kebanggaannya selama dirinya menjabat Gubernur OPEC mewakili Arab Saudi terlibat dalam kerja sama erat dengan mantan menteri pertambangan , Subroto yang juga pernah menjabat sekretaris jenderal OPEC.

Dirjen Suleiman J-Al Herbish menggambarkan sosok mantan menteri pertambangan Subroto sebagai salah satu tokoh penting OPEC yang mampu menjembatani perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam dinamika organisasi tersebut.

Dirjen Suleiman J-Al Herbish meminta dukungan Indonesia bagi pelaksanaan program Energy for the Poor Initiative (EPI) yang dianggapnya sebagai pelaksanaan dari seruan eradication of energy poverty sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Ryadh yang dihasilkan pada KTT OPEC III di Ryadh, Arab Saudi, 2007.

Selain itu, Dirjen OFID juga menyampaikan harapannya agar Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri ke-31 di Caracas, Venezuela, Juni mendatang.


(U-ZG)/C/A011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 20-03-2010 08:42:22

Tidak ada komentar: