Jumat, 12 Maret 2010

PT KAI CARI PELUANG KERJASAMA DI CEKO

PT KAI CARI PELUANG KERJASAMA DI CEKO

London, 12/3 (ANTARA) - Rombongan delegasi PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang diketuai Manajer Evaluasi Pengadaan Barang/Jasa Sarana, Ateng Rachmat, melakukan kunjungan ke PT Bonatrans di Kota Ostrava, Ceko.

Kunjungan tersebut untuk meninjau pabrik keping roda kereta yang selama ini dibeli PT KAI, ujar Counsellor Pensosbudpar KBRI Praha, Ceko, Azis Nurwahyudi dalam keterangannya kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Menurut Kepala Kanselerai KBRI Praha, Azis Nurwahyudi, yang didampingi Pelaksana Fungsi Ekonomi, Yusran Hadromi, rombongan PT KAI tersebut didampingi Direktur PT Adhi Darma Tamaperkasa, Inpaulus Tandiah,yang bergerak dibidang perkeretaapian.
Dalam kesempatan itu Ateng Rachmat menjelaskan selama ini PT KAI membeli roda kereta dari Ceko dan beberapa negara lain, dan ternyata kualitas barang yang dibeli dari Ceko lebih unggul dibanding dari negara pesaing.

Oleh karena itu PT KAI akan meneruskan pembelian roda tersebut dari Ceko. Dalam periode satu tahun, PT KAI dapat membeli roda sampai 6.000 keping, sehingga kemungkinan pembelian dari Ceko akan ditingkatkan, ujar Ateng Rachmat.

Menurut Azis Nurwahyudi, KBRI Praha menyambut baik dan siap membantu PT KAI mengenai rencana pembelian berbagai alat dan permesinan dari Ceko.

Ia juga mengharapkan kemungkinan pengembangan kerjasama antara PT KAI dengan perusahaan lain di Ceko yang bergerak di bidang permesinan, termasuk automotif, yang berhubungan dengan alat transportasi masal seperti trem yang selama ini menjadi salah satu ikon kota Praha.

Pada kesempatan itu juga disampaikan informasi mengenai rencana pembangunan Bandara Kulon Progo oleh Konsorsium Perusahaan Ceko, dan kemungkinan pembelian berbagai mesin gula oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) yang saat ini tengah dijajaki bentuk kerjasamanya dengan sejumlah institusi Ceko.

Diharapkan dengan kunjungan tersebut, PT KAI dapat menangkap berbagai peluang kerjasama yang mulai terbuka dari berbagai perusahaan Ceko sehingga akan meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara.

(U-ZG)
(T.H-ZG/B/B012/B012) 12-03-2010 15:44:43

Tidak ada komentar: