Jumat, 12 Maret 2010

RI-BULGARIA KEMBANGKAN KERJA SAMA ANTARPARLEMEN

RI-BULGARIA KEMBANGKAN KERJA SAMA ANTARPARLEMEN

London, 12/3 (ANTARA) - Indonesia dan Bulgaria dipandang perlu mengembangkan kerja sama antarparlemen khususnya di bidang pemberantasan korupsi serta pembentukan pemerintahan yang bersih.

Sekretaris Tiga KBRI Sofia, Aditya Timoranto kepada koresponden Antara London, Jumat, mengatakan, pengembangan kerja sama antartparlemen itu mengemuka saat kunjungan kehormatan Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, kepada Ketua Parlemen Bulgaria, Tsetska Tsacheva.

Menurut dia, dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat dan penuh persahabatan tersebut, disepakati pula perlunya peningkatan dan perluasan hubungan kedua negara, termasuk "person to person contact".

Dubes Immanuel Robert Inkiriwang menyampaikan salam dari Ketua DPR RI dan ucapan selamat atas terpilihnya Tsacheva sebagai Ketua Parlemen Bulgaria serta sebagai wanita Bulgaria pertama yang menduduki jabatan ketua Parlemen.

Dikatakannya, kerja sama antarparlemen RI-Bulgaria makin meningkat, dengan kunjungan dua delegasi DPR RI ke Bulgaria.

Pada kesempatan itu Dubes menyampaikan undangan kepada Ketua Parlemen dan Kelompok Persahabatan Bulgaria-Indonesia dalam Parlemen Bulgaria untuk berkunjung ke Indonesia.

Ketua Parlemen Bulgaria mengutarakan bahwa Bulgaria memberikan arti penting kepada hubungannya dengan Indonesia yang dipandang sebagai mitra penting di luar negara-negara Uni Eropa.

Ketua Parlemen Bulgaria juga menyatakan keinginannya berkunjung ke Indonesia walau belum dapat menentukan waktunya.

Keduanya sepakat mengenai perlunya meningkatkan kerja sama antarparlemen kedua negara di bidang pemberantasan korupsi serta pembentukan "good and clean governance".

Hal ini mengingat kedua masalah tersebut merupakan isu utama dalam kehidupan berbangsa kedua negara sebagai sesama "emerging and young democracies".

Di akhir pertemuan, Dubes RI menyampaikan cendera mata kepada Ketua Parlemen Bulgaria berupa cendera mata hiasan dinding berbingkai sepasang pengantin Jawa.

(U.H-ZG/B/A041)

(T.H-ZG/B/A041/A041) 12-03-2010 10:21:47

Tidak ada komentar: