Selasa, 02 Maret 2010

JANA VOZABOVA PROMOSIKAN KEINDAHAN BALI DAN LOMBOK

JANA VOZABOVA PROMOSIKAN KEINDAHAN BALI DAN LOMBOK

London, 3/3 (ANTAR) - Mantan penerima beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia, Jana Vozabova, memaparkan keindahan Bali dan Lombok melalui foto-foto melalui 'slide show' kepada penonton yang memenuhi gedung kebudayaan Kota Ostrava, Ceko.

"Jana juga menjelaskan kehidupan sehari-hari masyarakat Bali dan adat istiadatnya serta bakat mereka dalam bidang seni tari, gamelan, dan kriya," ujar Counsellor Penerangan, Sosial Budaya dan Pariwisata KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada koresponden ANTARA di London, Rabu.

Dikatakannya, pemaparan Jana Vozabova itu dilakukan di hadapan penonton pada acara promosi wisata 'kolem sveta' atau keliling dunia yang diselenggarakan di Kota Ostrava, Ceko, baru baru ini.

Jana menjelaskan keindahan Lombok dengan gunung Rinjani, memaparkan kegiatan Yayasan Kintari yang diketuainya yang ikut membantu membangun SD Ngolang di Lombok.

Dalam acara itu juga ditampilkan Tari Taruna Jaya dari Bali yang dibawakan I Gusti Agung Ayu Oka Partini, dosen ISI Denpasar, dan Tari Kayau dari Kalimantan oleh Raka Pamungkas, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Metropolitan University Praha, yang memukau masyarakat kota Ostrava.

Penampilan tari tradisional dan penjelasan Jana tersebut menambah nilai bagi promosi wisata tanah air karena selain Indonesia, ditampilkan juga obyek wisata yang menarik dari negara lain seperti Sri Lanka, Bhutan, Chile, Peru, dan Bolivia oleh panitia 'kolem sveta.'
KBRI Praha membagikan berbagai brosur informasi wisata dalam Bahasa Ceko termasuk cara pengurusan visa ke Indonesia karena banyak warga Ostrava, perbatasan Ceko-Polandia, meminta informasi mengenai tempat-tempat menarik selain Bali dan Lombok yang bisa dikunjungi.

KBRI Praha berharap dengan makin tersebarnya informasi mengenai Indonesia di Ceko akan membantu program pemerintah dalam menarik lebih banyak wisatawan Ceko berkunjung ke tanah air, demikian Azis Nurwahyudi.

(U-ZG)

(T.H-ZG/B/R007/R007) 03-03-2010 07:53:48

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sekedar info kalau pengen tau lebih banyak tetang Lombok, www.inside-lombok.com