Minggu, 17 Juni 2012

BERKOMITEN


 
INDONESIA BERKOMITEN TERHADAP PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

        London, 17/6 (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan  Djoko Suyanto mengatakan, Indonesia memiliki komitmen yang jelas untuk mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

       Hal itu disampaikan Menko Polhukam Djoko Suyanto dalam suatu pertemuan internasional di St Petersburg, ujar Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow, Lailal K Yuniarti kepada ANTARA London, Minggu.

       Menko Polhukam RI, Djoko Suyanto menyampaikan pidato dalam Agenda  I yang bertema "Arah dan masalah pemeliharaan energi keamanan global pada pertemuan internasional ketiga dari pejabat tinggi yang bertanggung jawab untuk Masalah Keamanan".

       Dalam pertemuan yang dihadiri wakil-wakil dari 58 negara tersebut, Menko Polhukam juga menyampaikan mengenai "Perbaikan cara dan sarana untuk memerangi pembajakan dalam konteks keamanan nasional, regional dan internasional". Sedangkan agenda III  "Konsolidasi masyarakat dunia dalam pemeliharaan keamanan informasi internasional".

        Terkait isu pembajakan kapal laut, Djoko juga menegaskan komitmen Indonesia untuk menangani isu-isu maritim secara menyeluruh terutama dalam isu-isu yang membutuhkan perhatian segera termasuk navigasi yang damai, aman, bebas dan sesuai hukum yang berlaku.

        Sementara terkait isu keamanan informasi, disampaikan bahwa Indonesia telah memiliki Peta Jalan Informasi, Komunikasi dan Teknologi 2009-2025.

        Di sela-sela kegiatan forum, atas permintaan pihak Rusia, Ketua Delegasi RI telah melakukan pertemuan bilateral dengan Sekjen Dewan Keamanan Rusia, NP Patrusev.

        Dalam pertemuan itu dibahas perkembangan berbagai kerja sama bilateral RI-Rusia di  bidang keamanan antara lain masalah kerja sama pengadaan alutsista dan soal penanganan kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak.

        "Kami sangat menghargai kerja sama dengan pihak Indonesia dalam menangani masalah kecelakaan Sukhoi Superjet 100", ujar Patrushev.

        Pada kesempatan itu, Dubes Djauhari Oratmangun menyampaikan harapan agar kiranya hubungan yang sudah terjalin dengan sangat baik antara kedua negara dapat semakin ditingkatkan dimasa mendatang.

        "Indonesia dan Rusia selalu siap bekerjasama untuk mengatasi permasalahan-permasalahan keamanan global,"katanya.

       ***1****
(T.H-ZG/C/S023/S023) 17-06-2012 14:00:40

       

Tidak ada komentar: