Sabtu, 02 Juni 2012

REKTOR


REKTOR JALIN KERJA SAMA UNIVERSITAS DI INGGRIS

         London, 2/6 (ANTARA) - Rektor dari 10 perguruan tinggi di tanah air bertemu dengan pimpinan berbagai universitas di Inggris guna menjalin kerja sama.

        Kerja sama antar universitas kedua negara menjadi kesepakatan dari pertemuan Joint Working Group (JWG) yang mengusung target peningkatan mobilitas mahasiswa maupun staf pengajar antara kedua negara, kata Atase Pendidikan KBRI London Prof Fauzi Soelaiman, kepada ANTARA London, Sabtu.

        Ia mengatakan rektor dari 10 perguruan tinggi mengadakan pertemuan dengan pimpinan berbagai universitas di Inggris.

        Pertemuan digelar setelah menghadiri penandatanganan MoU antara Mendikbud Mohammad Nuh dan Menteri Universitas dan Ilmu Pengetahuan, David Willetts serta pertemuan Joint Working Group (JWG) antara delegasi dua negara.

        Dari sepuluh rektor itu, dua diantaranya melakukan penandatanganan MoU dengan Vice Chancellor, yakni  Rektor Institut Teknologi Bandung Prof Akhmaloka. Ia mengunjungi Cranfield University yang memiliki spesialisasi pengembangan teknologi penerbangan dan kedua universitas sepakat menyelenggarakan program dual degree untuk program studi tertentu.

       Selain itu, Akhmaloka juga mengunjungi University College London (UCL) yang memiliki keunggulan di bidang kimia dan material serta University of Southampton untuk membicarakan kerja sama pengembangan cabang universitas itu di Malaysia dengan melibatkan ITB.

        Selain ITB, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Tian Belawati juga melakukan penandatanganan MoU dengan Prof. Martin Beam, Vice Chancellor Open University.

         Di dalam MoU, keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama terutama untuk pertukaran tenaga pengajar serta peningkatan kapasitas bagi staf administrasi Universitas Terbuka.

        Prof Idrus A Paturusi melakukan pertemuan marathon dengan pimpinan universitas.

        Prof Ian Diamond, Vice Chancellor University of Aberdeen berdiskusi dengan Rektor Universitas Hasanuddin itu di KBRI London bersama dengan Rektor Institut Teknologi 10 November, Surabaya, Prof. Tri Yogi Yuwono. 
   Selanjutnya Prof. Idrus bertemu dengan Dr. Richard Kock dari Royal Veterinary College, University of London dan disusul staf pengajar dari University of Essex, Dr Dave Smith yang telah lama menjalin kerja sama dengan Unhas dalam Operation Wallacea (Opwall) yang melibatkan akademisi di bidang biologi di seluruh dunia.

     
                           Kerja Sama                              
   Prof Ganjar Kurnia dari Universitas Padjadjaran dan Prof Herry Suhardiyanto mengunjungi University of Reading dan diterima Vice Chancellor Sir David Bell serta Pro Vice Chancellor Prof. Steven Mithen yang menangani kerja sama luar negeri.

        Pada kesempatan itu, ketiganya membicarakan peluang kerja sama dan akan dibicarakan lebih mendalam di Indonesia.

        Di hari yang sama, tiga rektor lainnya berkunjung ke Institute of Education (IoE), University of London. Tiga rektor tersebut  adalah Prof Bedjo Sujanto dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Ibnu Hajar dari Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Prof Tian Belawati dari Universitas Terbuka.

    ***3***
(ZG/B/Z003)
(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 02-06-2012 15:07:00

Tidak ada komentar: