Sabtu, 23 Juni 2012

SARASWATI


      

KELUARGA KERAJAAN UBUD IKUTI SARASWATI DI BELGIA

          London, 23/6 (ANTARA) -  Keluarga kerajaan Ubud yang dipimpin  Tjokorda Gde Raka Sukawati bersama sekitar 200 umat Hindu Bali di Eropa mengikuti Saraswati di Pura Agung Shanti Bhuwana di Belgia.

         "Saraswati adalah salah satu hari raya umat Hindu untuk memperingati turunnya ilmu pengetahuan (vidya) ke bumi," kata Duta Besar RI Brussel, Arif Havas Oegroseno, kepada ANTARA London, Sabtu.

         Ia mengatakan Saraswati mempunyai makna tersendiri karena bertepatan dengan ulang tahun keempat Pura Agung Shanti Bhuwana dan hadirnya Barong Suci dari persembahan keluarga Raja Ubud.

         Perayaan Saraswati yang diikuti oleh umat Hindu di Belgia, Perancis, Belanda, Jerman, dan Indonesia itu terselenggara berkat  kerja sama masyarakat Hindu Bali di Belgia dan sekitarnya, Konsul Jenderal Kehormatan RI untuk Wilayah Wallonia/CEO Parc Pairi Daiza, KBRI Brussel, dan keluarga Raja Ubud.

         Ritual keagamaan di Pura Agung Shanti Bhuwana di Taman Indonesia (the Kingdom of Ghanesha), Parc Pairi Daiza itu dipimpin Ida Pedanda gede Putra Telapah dari Ubud.

         Penampilan Barong oleh warga Ubud pada acara puncak persembahyangan Saraswati memukau ratusan pengunjung Taman Indonesia itu, apalagi penampilan gamelan kelompok "Saling Asah", binaan KBRI Brussel, juga menambah kemeriahan Saraswati tahun ini.

         Keluarga kerajaan Ubud yang dipimpin  Tjokorda Gde Raka Sukawati telah mewakilkan kepada Duta Besar RI Brussel untuk menyerahkan seperangkat Barong yang telah diritualkan kepada Pura Agung Shanti Bhuwana, Pairi Daiza, sebagai kelengkapan pura tempat beribadah umat Hindu.

         Dubes RI mengharapkan penempatan barong suci di Pura Agung Shanti Bhuwana dapat menambah nilai pura umat Hindu Bali yang terbesar di luar Indonesia.

         Selain itu, dapat menjadi tempat untuk melestarikan budaya dan tradisi Hindu oleh umat Hindu Bali yang bermukim di Belgia dan negara Eropa lainnya.

         Sementara itu, Konsul kehormatan RI selaku pemilik Taman Pairi Daiza menyampaikan kesungguhannya untuk menjaga Pura tersebut sebagai tempat persembahyangan umat Hindu di Belgia dan sekitarnya. ***3*** (ZG)

(T.H-ZG/B/E011/E011) 23-06-2012 18:35:49

Tidak ada komentar: