Sabtu, 23 Juni 2012

DUNIA USAHA




DUBES: INDONESIA TETAP MENARIK KALANGAN USAHA INGGRIS

            London, 20/6 (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Teuku Mohammad Hamzah Thayeb menegaskan Indonesia tetap memiliki daya tarik sebagai lokasi bisnis bagi kalangan usaha Inggris.

           Hal itu disampaikannya di hadapan kalangan usaha Inggris dalam acara Indonesian Trade and Investment Presentation 2012 yang diselenggarakan KBRI London bekerja sama dengan kantor perwakilan BKPM di London dan Worshipful Company of World Traders, di gedung KBRI London.

           Sekretaris Tiga KBRI London Silvia Malau kepada ANTARA, Rabu mengatakan lebih dari 50 orang pengusaha Inggris dan anggota World Traders mengikuti presentasi Indonesian Trade and Investment Presentation yang diakhiri dengan makan malam dengan menu Indonesia.

           Pertumbuhan ekonomi yang positif dan kekayaan sumber daya alam, yang disertai dengan pertumbuhan populasi kelas menengah serta jumlah populasi usia produktif yang signifikan menjadi landasan kuat bagi kalangan usaha Inggris untuk melirik kesempatan usaha di Indonesia. 
      Lebih lanjut Dubes Hamzah Thayeb mengatakan menggandakan nilai perdagangan bilateral pada 2015 menjadi pekerjaan rumah bersama Indonesia dan Inggris.

           Hal itu menjadi komitmen dan kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris sebagai hasil kunjungan Perdana Menteri David Cameron ke Jakarta April lalu, ujarnya.

           Dubes menekankan bahwa Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk melanjutkan proses reformasi, membenahi infrastruktur dan memberantas korupsi merupakan wujud komitmen Pemerintah RI untuk menciptakan iklim investasi yang menarik bagi kalangan usaha asing.

           Hal ini diakui, Master of the Worshipful Company of World Traders, Mei Sim Lai yang memandu acara Indonesian Trade and Presentation.

           Menurut Mei Sim Lai, kegiatan Indonesian Trade and Presentation memberikan gambaran lebih jelas mengenai potensi ekonomi Indonesia kepada kalangan usaha Inggris yang hadir, khususnya anggota World Traders serta berbagai peluang usaha yang dapat dimanfaatkan secara nyata kalangan usaha Inggris.

           Worshipful Company of World Traders merupakan salah satu dari 108 asosiasi dagang atau livery companies di kota London yang bergerak dalam sektor perdagangan internasional.

           Selain untuk mempromosikan profil ekonomi Indonesia, kerja sama dengan World Traders juga ditujukan untuk menjangkau kalangan usaha Inggris secara lebih luas.

           Dikatakannya kegiatan bertujuan untuk mempromosikan potensi ekonomi Indonesia dan memperluas jejaring KBRI London dengan berbagai elemen bisnis yang ada di kota London, termasuk asosiasi-asosiasi dagang dan manufaktur yang selama ini belum digarap secara optimal.

     Tampil sebagai pembicara dalam presentasi tersebut  diantaranya Atase Perdangan KBRI London, Merry Maryati, Kepala Perwakilan BKPM London, Meyer Siburian dan Direktur Eksekutif UK-ASEAN Business Council, Tom Burden.

            Sementara, itu pendiri Indo Direct Foods (IDF), perusahaan Indonesia pemasok produk makanan Indonesia  di London, Tiwi Price mempromosikan kuliner Indonesia kepada kalangan usaha setempat diantaranya minuman beer bintang yang cukup dikenal, arak Bali Dewi Sri, minuman teh Sostro, serta kopi.¿IDF juga memperkenalkan kopi luwak kepada peserta seminar,¿ ujar Tiwi Price.

    ***2***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A011/A011) 20-06-2012 06:24:46

Tidak ada komentar: