Minggu, 10 Juni 2012

MAROKO


                PM BENKIRANE: INDONESIA DAN MAROKO ADALAH SAUDARA

          London, 9/6 (ANTARA) - Perdana Menteri (PM) Maroko Abdelilah Benkirane mengakui hubungan Indonesia dan Maroko telah  melewati batas-batas formalitas selayaknya saudara sendiri.

         Hal itu diungkapkan PM Maroko ketika menerima Duta Besar RI untuk Maroko Tosari Widjaja yang melakukan kunjungan kehormatan di kantornya di samping Istana Raja Maroko di Rabat, demikian keterangan KBRI Rabat yang diterima ANTARA London, Sabtu.

         "Marhaban ahlan wa sahlan, selamat datang Indonesia dan Maroko," ujar PM Abdelilah Benkirane Benkirane yang baru sekitar enam bulan memimpin kabinet Maroko dan dalam pertemuan itu didampingi Menteri Negara Abdellah Baha.

         Di awal pembicaraan, Dubes Tosari menyampaikan salam hangat Presiden RI dan bangsa Indonesia serta mengucapkan selamat kepada bangsa Maroko yang telah berhasil melewati masa-masa krisis Arab Spring dengan damai.

         Ucapan selamat juga disampaikan atas terpilihnya Abdelilah Benkirane sebagai Perdana Menteri yang memimpin kabinet pemerintahan Maroko pasca reformasi konstitusi 2011.

         Dubes Tosari meyakini bahwa Maroko ke depan akan semakin maju di era demokrasi yang semakin terbuka.

         Dalam kesempatan itu Dubes Tosari menyampaikan hubungan erat kedua bangsa ini sudah terjalin sejak zaman Ibnu Batutah menginjakkan kaki di Samudera Pasai sampai era perang kemerdekaan antara Presiden Soekarno dan Raja Mohamed V dan pelaksanaan KAA 1955 pertama kali di Bandung.

         "Indonesia pun sampai sekarang tetap merasa dekat dan selalu mendukung Maroko di berbagai fora internasional, termasuk persoalan penyelesaian Sahara Barat melalui jalur PBB dengan inisiatif opsi otonomi khusus. Indonesia siap berbagi pengalaman penanganan Aceh dalam penyelesaian krisis Sahara Barat di Maroko," ujar Dubes Tosari.

         Dalam kesempatan tersebut juga dibahas berbagai peluang kerja sama bilateral di berbagai bidang melalui peningkatan "people to people contact".

         Saat ini, sebagaimana Dubes RI menginformasikan, terdapat sekitar 110 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Maroko.

         Sementara Benkirane berharap ke depan para pemuda Maroko juga menaruh minat untuk dapat dikirim belajar ke Indonesia di berbagai jurusan pendidikan untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

         Dubes juga menyampaikan beberapa pengusaha Maroko berminat mengunjungi Indonesia untuk mengeksplorasi berbagai produk buatan Indonesia pada event "Trade Expo Indonesia (TEI) 2012" pada bulan Oktober mendatang.

         Sementara Indonesia ikut dalam Pameran Pertanian SIAM di Meknes. "Mudah-mudahan ini akan menjadi langkah baik untuk semakin meningkatkan akses informasi serta neraca ekonomi perdagangan kedua negara dalam waktu dekat," ungkap Dubes Tosari.

         Kedua pihak dalam pertemuan itu mengungkapkan kesamaan pandangannya bahwa faktor kedekatan kultur dan budaya serta ikatan sejarah yang kuat harus dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan kedua bangsa.

         Sebagaimana kedua pihak sepakat juga untuk dapat mendorong peningkatan kerjasama pendidikan dan kebudayaan dengan menambah jumlah pertukaran mahasiswa, dosen dan peneliti serta kerjasama antar universitas.

         Guna meningkatkan hubungan ekonomi perdagangan kedua negara, disepakati  bahwa kendala faktor geografis harus menjadi perhatian untuk dicarikan solusinya.

         Demikian juga halnya dengan perbaikan-perbaikan peraturan serta kerjasama yang telah ada yang diharapkan dapat disepakati saat pelaksanaan SKB II yang diperkirakan pada akhir tahun 2012.

         Saat kunjungan tersebut Dubes RI memberikan cenderamata khas Indonesia kepada PM Maroko berupa keris yang menjadi salah satu kebanggan warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

         "Akhlak Bangsa Indonesia selalu menjadi contoh bagi bangsa lain. Mereka selalu saling berbagi hadiah seperti yang saya terima saat ini," puji Benkirane sembari tersenyum dan mengucapkan terima kasih. ***3*** (ZG)
(T.H-ZG/B/E011/E011) 09-06-2012 18:18:23

Tidak ada komentar: