Jumat, 05 September 2014

BERLIN

Semarak pesta rakyat merayakan HUT RI di Berlin

2 minggu lalu | Dibaca 3634 kali
London (ANTARA News) - Peringatan detik-detik Proklamasi yang ditandai dengan prosesi pengibaran bendera kebangsaan oleh Paskibra KBRI Berlin berlangsung dengan khidmat di halaman Wisma Duta KBRI Berlin.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Federal Jerman, Dr. Ing. H. Fauzi Bowo, memimpin upacara yang dihadiri seluruh pejabat dan staf KBRI Berlin serta Masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya, demikian Sekretaris Kedua Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Berlin, Fattah Hardiwinangun, kepada Antara, Rabu.

Upacara ini juga disemarakkan dengan penampilan yang memukau dari vocal grup Gemintang yang beranggotakan pemuda, pelajar dan mahasiswa Indonesia di Berlin dan vokal grup Persatuan Pelajar Papua dengan lagu-lagu nasional dan perjuangan seperti Tanah Airku, Indonesia Pusaka, Hari Merdeka serta Gebyar-Gebyar.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-69 dilanjutkan dengan Pesta Rakyat, yang merupakan acara hiburan bagi masyarakat Indonesia, terdiri dari pertunjukan seni tradisional seperti joged bumbung Bali, dan Sajojo dari Papua, hingga seni kontemporer seperti music rock, jazz, dangdut, dan Hip-hop yang ditampilkan masyarakat Indonesia di Berlin, sesuai dengan tema "Dari KITA untuk KITA oleh KITA".

Dubes Fauzi Bowo dalam sambutan Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-69 yang disampaikan pada saat pembukaan secara resmi Pesta Rakyat 2014 menyampaikan Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014 ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan pelaksanaan proses suksesi kepemimpinan nasional melalui penyelenggaraan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang telah berjalan dengan damai dan lancar baik di Jerman maupun di Tanah Air.

Sejalan dengan perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman yang semakin meningkat di bidang ekonomi, perdagangan, politik, pertahanan, pendidikan, dan sosial-budaya melalui payung Kemitraan Strategis, KBRI Berlin senantiasa mengawal tren peningkatan hubungan bilateral ini pada pemerintahan mendatang.

Rangkaian acara ditutup dengan upacara penurunan bendera pada pukul 17.00 yang diikuti tidak kurang dari 900 Masyarakat Indonesia pada rangkaian Pesta Rakyat kebangsaan membuktikan tingginya semangat kebangsaan serta kuatnya tali silaturahmi di kalangan masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya.

Seluruh rangkaian Peringatan HUT RI ke-69 dari pagi hingga sore berlangsung khidmat, penuh suka cita serta meriah dengan ditemani berbagai hidangan kuliner nusantara.

Sebelumnya, pada tanggal 9 Agustus 2014 juga telah diselenggarakan acara Jalan Sehat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-69 dan Hari Anak Nasional di Taman Tiergarten yang diikuti oleh lebih dari 100 masyarakat Indonesia di Berlin dan sekitarnya. (ZG)

Tidak ada komentar: