Selasa, 30 September 2014

PRAHA

PROMOSI  KULINER INDONESIA DI CEKO

          London, 23/9 (Antara) -  Promosi kuliner melalui warung Indonesia hasil karya diaspora Indonesia seperti kue lumpur, risoles, lemper, tempe, wajik, kerupuk, dan bubur sum-sum, laris manis diserbu para pengunjung di "ASEAN Farmers Market", Praha, Ceko.

         Untuk ketiga kalinya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha berpartisipasi mempromosikan  kuliner Indonesia di "Farmers Market" di Dejvice Square, Praha, Republik Ceko , demikian
Sekretaris III, Fungsi Penerangan KBRI Praha, Fitriyani Riduan kepada Antara London, Selasa.

         Keikutsertaan Kedubes ASEAN disambut hangat  Wali Kota Praha 6, Marie Kousalikova, yang membuka secara resmi "SEAN Farmers Market" 2014, disaksikan para Duta Besar negara ASEAN, kalangan diplomatik, dan warga setempat.

         Wali Kota menyatakan, penghargaan atas partisipasi terus-menerus Kedubes ASEAN di Farmers Market karena telah menjadi warga kota yang memiliki solidaritas dan kepedulian terhadap kotanya.

         Dubes RI Praha, Emeria W.A. Siregar, mengatakan  partisipasi KBRI Praha merupakan langkah strategis mendekatkan hubungan antar-rakyat kedua negara melalui promosi kuliner.

         Farmers Market di Dejvice Square  merupakan pasar tradisional tertua dan salah satu yang terbesar di Praha, dikunjungi  sekitar 10 ribu orang. Pasar tersebut menjual aneka buah dan sayur para petani setempat, dan kuliner khas Ceko. Pasar buka setiap Sabtu, mulai Maret hingga Desember sepanjang tahun.

         Pengunjung yang rata-rata warga setempat juga membeli aneka tumbuhan seperti cabe dan serai yang bibitnya didatangkan khusus dari tanah air dan dikembangkan oleh seorang diaspora Indonesia yang memiliki usaha perkebunan di Ceko.***2***(ZG)
(T.H-ZG/C/Z. Abdullah/Z. Abdullah) 23-09-2014 22:44:26


Tidak ada komentar: