Selasa, 30 September 2014

OSLO

NANDAK GANJEN MEMPESONA DI MALAM BUDAYA ASEAN

          London 19/9 (Antara) - Pesona tari Nandak Ganjen yang dibawakan Fatimah dan Safrini, serta pertunjukan angklung KBRI Oslo dengan  lagu Heal the World yang dipopulakan Michael Jackson, mempesona hadirin pada Malam Budaya ASEAN 2014 (ASEAN Cultural Night 2014), di Storsalen Menighet, Oslo.

         Acara Malam Budaya tersebut digelar empat Kedubes negara anggota ASEAN di Oslo, yaitu Indonesia, Philippina, Thailand dan Viet Nam guna memperingati HUT ASEAN ke-47 dan untuk menguatkan gaung ASEAN di Eropa, khususnya di Norwegia yang kedua kalinya diadakan setelah acara serupa sukses pada tahun 2012.

         Penampilan angklung KBRI Oslo tersebut menjadi satu-satunya pertunjukan yang mendapat sambutan meriah dari hadirin sepanjang acara tersebut, kata Pensosbud KBRI Oslo, Dyah Kusumawardani kepada Antara, London, Jumat.

         Sekitar 300-an orang tamu undangan dari kalangan Pemerintah, korps diplomatik, kalangan bisnis, relasi masing-masing Kedubes dan tokoh masyarakat hadir pada kesempatan sore yang cerah tersebut, termasuk Kepala Protokol Istana/Dirjen Protokol Kemlu Ms. Merete Brattested.

          Dubes RI Oslo Yuwono A. Putranto menyampaikan dengan keempat Kedubes ASEAN melakukan kegiatan bersama, promosi dan gaung ASEAN sebagai suatu kawasan akan semakin mengena khususnya di kalangan masyarakat setempat. Apalagi sekarang Norwegia telah mengaksesi ASEAN Treaty of Amity and Cooperation (TAC).

         Kegiatan ini sangat efektif karena dapat diselenggarakan dalam skala lebih besar dibanding jika tiap Kedubes melakukan kegiatan secara terpisah, katanya.

         Selain tari Nandak Ganjen dan pertunjukan angklung oleh Indonesia, hadirin juga disuguhi fashion show oleh Filipina yang memperkenalkan kain olahan serat khas negara tersebut. Thailand mempersembahkan tari Kinnaree dan Khon serta permainan Ranat (xylophone khas Thailand), sementara Viet Nam menampilkan permainan biola dan piano.

         Malam Budaya tersebut didahului dengan resepsi. Para tamu undangan disuguhi dengan berbagai makanan dan minuman khas keempat negara ASEAN. Sajian Indonesia, siomay Bandung dan pempek Palembang ludes disantap para tamu. Demikian pula minuman es buah termasuk favorit para tamu.

         Acara ini terselenggara dengan dukungan Thai Airways, perusahaan travel 1-2Travel dan Eviva Tour, serta perusahaan importir Scanesia dan Scanasia. Di masa mendatang, keempat Kedubes negara-negara ASEAN berkomitmen untuk menyelenggarakan acara bersama kembali, untuk semakin menguatkan kehadiran ASEAN di Norwegia.***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 19-09-2014 08:35:44

Tidak ada komentar: