Selasa, 30 September 2014

SERBIA

KARYA SENI INDONESIA MENDOBRAK SERBIA

         London, 23/9 (Antara) - Karya seniman asal Indonesia memukau warga Serbia melalui pameran seni desain grafis, ilustrasi dan fotografi "Atmosphere", yang dibuka di galeri seni "UK Parobod" di kota Beograd, Senin, 22 September.

        Pameran itu menampilkan karya enam seniman Indonesia, yaitu Haris Mustafa, Oktodia Mardoko, Onny Renantalice, Catherine Susilo, Ines Aryaniputra, dan Rege Indrastudianto, kata Sekretaris Tiga KBRI Serbia, Ariana Yulianti, kepada Antara London, Selasa.

        Pameran itu adalah yang pertama kali dilaksanakan di Serbia, sebagai hasil kerjasama antara seniman Indonesia tersebut dan alumni Darmasiswa di Serbia, Sara Brkic.

        Hadir sebagai perwakilan dari para seniman adalah Rege Indrastudianto, yang mempersembahkan karya seni desain grafisnya dengan tema "Series of Illustrations about Jakarta".

        Melalui persembahan karya-karya seni modern tersebut masyarakat Serbia dan kawasan Eropa sekitarnya dapat mengetahui dan mengenal perkembangan seni modern Indonesia, serta sekaligus diperkenalkan kepada kehidupan modern perkotaan Indonesia.

        Pengenalan perkembangan modern Indonesia penting untuk dilakukan di manca Negara sebagai bagian dari promosi budaya dan pariwisata Indonesia yang menyeluruh.

        Eksebisi "Atmosphere" dilaksanakan oleh kurator Sara Brkic, salah satu alumni program beasiswa Darmasiswa asal Serbia pada tahun 2007-2008 yang hingga kini masih terus menyimpan kekaguman dan impresi yang baik terhadap Indonesia.

        Melalui eksibisi karya seni ini diharapkan seniman-seniman muda asal Indonesia dan Serbia dapat saling bertukar ilmu dan pengalaman yang akan memperkaya khazanah dunia seni kedua bangsa.

        ***3***
   (U.ZG)
(T.H-ZG/B/M. Dian A/B/B. Soekapdjo) 23-09-2014 14:48:20

Tidak ada komentar: