Jumat, 05 September 2014

DUBES

Dubes Hamzah Thayeb: 2014 Tahun Politik yang Sangat Menentukan
Rabu, 20 Agustus 2014 | 23:20
[LONDON] Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb menyatakan bahwa tahun 2014 adalah tahun politik yang sangat menentukan arah perjalanan bangsa, khususnya terkait suksesi kepemimpinan nasional.

Hal itu disampaikan Dubes Hamzah Thayeb pada peringatan detik-detik HUT ke-69 Proklamasi Kemerdekaan RI halaman Wisma Nusantara kediaman Dubes RI London pada 17 Agustus 2014, demikian Pensosbud KBRI London, Heni Hamidah kepada Antara, Rabu.

Dubes mengatakan, keberhasilan rangkaian pemilu yang demokratis telah menjadi bagian dari beragam capaian Bangsa Indonesia di berbagai bidang.

Secara khusus, disampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah menggunakan hak pilih dan kepada seluruh penyelenggara pemilu sehingga pemilu Legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden di London telah berlangsung dengan aman, lancar dan tertib.

Dalam upacara yang berlangsung tertib dan khidmat tersebut, 13 remaja Indonesia yang merupakan putra-putri dari home staff dan local staff serta masyarakat menjalankan tugasnya sebagai Paskibra menaikkan Bendera Merah Putih di hadapan sekitar 150 peserta upacara yang terdiri dari keluarga besar KBRI London, keluarga besar BUMN/S di London, mahasiswa, tenaga kerja Indonesia, anggota Perhimpunan Rantau Indonesia di UK (Periuk) dan masyarakat Indonesia.

Gema lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan oleh seluruh peserta upacara, turut mengiringi detik-detik penaikan bendera Merah Putih menuju puncak tiang, sehingga semakin menambah kekhidmatan jalannya upacara.

Dubes menyampaikan bahwa peringatan HUT RI tahun ini cukup istimewa karena masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Pada momentum yang bersejarah ini, untuk itu Dubes mengajak hadirin mensyukuri kemerdekaan dan kemajuan Bangsa Indonesia selama 69 tahun ini dan keberhasilan yang diraih, serta tetap semangat menghadapi tantangan dan mewujudkan harapan di masa datang.

Tema Peringatan HUT RI tahun ini, yaitu "Dengan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, kita dukung suksesi kepemimpinan ansional hasil pemilu 2014 demi kelanjutan pembangunan menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera", Usai upacara, dilaksanakan pemotongan tumpeng dan penyerahan tumpeng secara simbolis Dubes RI dan Ibu Lastry Thayeb kepada Ibu Sri Lestary (Pegawai Setempat KBRI yang paling senior) dam Mohammad Hilal Abu Bakar (Pengacara setempat yang telah banyak membantu dalam penyelesaian kasus-kasus WNI di Inggris).

Acara diakhiri dengan acara kesenian dan temu masyarakat yang telah diisi dengan panggung gembira yang dimeriahkan Aldiana Band, Penyanyi Orbar Amputra dan artis ibu kota Vidi Aldiano yang tengah menuntut ilmu di University of Manchester.

Acara kesenian dan temu masyarakat itu juga semakin meriah dengan keberadaan Bazaar Authentic Kuliner Indonesia dan Lomba Permainan Tradisional seperti balap karung, tarik tambang, lomba makan kerupuk. [Ant/N-6]

Tidak ada komentar: